5 Fakta – Kim Jeffrey Kurniawan merupakan pemain naturalisasi Indonesia yang kini merumput di Persib Bandung.

Lahir di Jerman, pemain yang kini berusia 27 tahun tersebut sudah melanglang buana di skena sepakbola tanah air. Bermula dari Persema Malang, ia tercatat pernah membela beberapa klub dan kini, ia berlabuh di salah satu tim papan atas Indonesia, Persib Bandung.

Kim Jeffrey Kurniawan merupakan sosok pemain yang terbilang multifungsi karena, ia bisa ditempatkan sebagai gelandang serang dan gelandang bertahan dalam sebuah klub.

Selain kemampuannya, Kim Kurniawan juga memiliki paras yang tampan dan menjadi idola dari kaum hawa. Dalam edisi 5 fakta bola hari ini, Vivagoal akan mengulas fakta-fakta sang pemain yang telah terangkum dalam 5 fakta Kim Jeffrey Kurniawan dibawah ini.

  • Pemain naturalisasi pertama di Indonesia

Menurut Nurdin Halid, Kim Jeffrey Kurniawan merupakan pemain naturalisasi pertama di Indonesia seperti dilansir dari Detik.com. PSSI memberikan penawaran kepada Kim dan ia menyanggupi hal tersebut. Akhirnya, Kim Kurniawan menjadi warga negara Indonesia pada tahun 2010 kemarin.

Sebenarnya, ada 2 pemain yang lebih dulu menjadi warga negara Indonesia yakni, Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim. Namun, kedua pemain tersebut bukan pemain naturalisasi karena, keduanya tergerak akan keinginan sendiri untuk menjadi warga negara Indonesia.

  • Adik ipar dari Irfan Bachdim

Kim Jeffrey Kurniawan merupakan adik ipar dari Irfan Bachdim karena, Irfan sendiri menikahi kakak kandung dari Kim Kurniawan yakni, Jennifer Jasmin Kurniawan atau Jennifer Bachdim.

Kim Kurniawan sendiri beberapa kali pernah berhadapan langsung dengan Irfan Bachdim saat bertanding di Indonesia karena mereka berada di klub yang berbeda.

  • Bermental Baja

Kim Jeffrey Kurniawan sempat mengalami masa sulit di Persib Bandung. Selama beberapa saat, ia membukukan penampilan yang buruk dan sempat mendapatkan cemoohan dari para bobotoh.

Seiring berjalannya waktu, sang pemain mampu membuktikan peran sentralnya di lini tengah Persib. kini, ia menjadi salah satu pemain penting di skuat berjuluk Maung Bandung tersebut.

  • Pernah bermain film

Selain bermain sepakbola, Kim Kurniawan juga pernah menjadi pemain film. Ia tercatat pernah bermain di 2 film Indonesia, Tendangan dari langit (2011) dan Aku cinta kamu (2014)

Di film tendangan dari langit, Kim bersama Irfan Bachdim bermain bersama sebagai pemain Persema Malang sedangkan di Aku cinta kamu, Kim berperan sebagai pemain bola yang diceritakan ingin masuk ke timnas dengan proses naturalisasi.

  • Cucu dari pemain bola terkenal

Kim Kurniawan merupakan cucu dari salah satu pemain Indonesia, Kwee Hong Sing. Kwee Hong Sing tercatat pernah membela Persija Jakarta dan membela timnas Indonesia di tahun 1950an.

Kwee Hong Sing juga turut mencetak prestasi yang cukup membanggakan kala berlaga di Timnas Indonesia dan Persija Jakarta. Salah satu prestasi sang pemain adalah saat turut andil membawa Timnas Indonesia meraih medali perunggu di ajang Asian Games 1958.

Ikuti terus 5 fakta bola terbaru seputar pemain sepakbola di Vivagoal.com

Leave a Reply