Vivagoal – 5 FaktaArgentina dikenal sebagai salah satu negara penghasil pemain-pemain sepakbola hebat seperti Diego Armando Maradona.

Di masanya, Maradona dikenal sebagai salah satu pemain sepakbola yang impresif. Performanya dilapangan dianggap bak seorang ballerina yang sedang menari-nari dengan indah lewat skillnya.

Performa impresif sang pemain terlihat saat ia di klub atau timnas Argentina. Hal ini membuat Maradona begitu ditakuti lawannya. Meski tergolong sebagai pemain yang hebat, Maradona juga tak lepas dari beberapa kontroversi yang menyelimuti dirinya baik saat masih bermain maupun setelah pensiun.

Terlepas dari itu semua, Maradona tetaplah dikenal sebagai salah satu figur legendaris dalam dunia sepakbola dan kali ini, Vivagoal akan membahas lebih dalam mengenai sang legenda lewat 5 fakta bola Maradona.

 

  • Gol tangan Tuhan

Hal pertama yang terlintar dalam pikiran kita ketika mendengar kata Maradona adalah gol tangan Tuhan. Gol itu ia cetak dalam laga 8 besar kontra Timnas inggris di Piala Dunia 1986. Meski hands-ball, wasit mengesahkannya dan gol itu tetap dikenang hingga sekarang.

Gol itu langsung menjadi kontroversi. Para punggawa the three lions mengajukan protes keras kepada wasit karena gol itu jelas-jelas hands-ball.

Menariknya, Maradona mengatakan bahwa bukan tangannya yang menyebabkan gol tersebut terjadi melainkan tangan dari Tuhan.

 

  • Gol terbaik di abad ke-20

Selain gol tangan Tuhan, gol keduanya ke gawang timnas Inggris di Piala Dunia 1986 dinobatkan sebagai gol terbaik di abad ke-20. Gol tersebut terjadi lewat aksi individu yang mengagumkan dimana, Maradona melakukan solo run dengan melewati 5 pemain dan menjebol gawang Peter Shilton untuk kedua kalinya.

Secara detil, Maradona sebenarnya melewati 7 pemain (Terry Butcher dan Peter Breadsley dilewatinya sebanyak 2 kali). Selain itu, ia melakukan proses solo run dalam rentang waktu 10 hingga 12 detik sebelum menceploskan bola ke dalam gawang Peter Shilton. Yang hebat adalah, gol ini hanya terjadi 4 menit setelah gol tangan Tuhan yang ia cetak.

 

  • Legenda klub Napoli

Ia juga menjadi salah satu sosok yang dikenang oleh Napoli hingga sekarang. Bergabungnya Maradona di Napoli membawa perubahan besar terutama dalam soal perolehan prestasi. Maradona sukses menyumbangkan 2 gelar Scudetto dan gelar Piala UEFA 1989.

Berkat hal tersebut, Maradona dianggap sebagai seorang dewa di klub tersebut. kedatangan Maradona dianggap berpengaruh besar dalam membuat Maradona menjadi salah satu tim yang disegani di Serie A dan juga Eropa.

 

  • Gereja Maradona

Percaya atau tidak, ada sebuah gereja Maradona yang terletak di Argentina. Gereja ini berdiri pada tanggal 30 Oktober 1998 dimana, gereja tersebut bernama Iglesia Maradoniana atau yang biasa disebut sebagai gereja Maradona.

Dilansir dari wiki, pengikut gereja tersebut berjumlah 120.000 hingga 200.000 orang. Hal ini membuktikan sosok Maradona sebagai sosok yang lebih dari seorang legenda yakni seseorang yang dipuja.

 

  • Sosok penuh kontroversi

Sosok Maradona akrab dengan berbagai macam masalah mulai dari yang berkaitan dengan karirnya di lapangan hijau hingga hal diluar itu. Berikut ada beberapa masalah dan kontroversi yang terkenal dan juga tetap diingat hingga sekarang.

  • Narkoba
    Penyesalan terbesar seorang Maradona mungkin adalah kedekatannya dengan barang haram bernama narkoba. Hal itu turut menghambat kemajuan karir sang pemain dan menganggu kesehatannya.
  • Permusuhannya dengan Pele
    Hal ini terjadi setelah sang pemain tidak terima kala Pele dinobatkan sebagai pemain terbaik abad ini. Dalam jajak pendapat, Maradona sebenarnya unggul jauh atas Pele. Namun, FIFA akhirnya membuat komite sepakbola yang akhirnya membuat Pele meraih gelar tersebut.

Selalu update 5 fakta terbaru sepakbola, highlights dan berita bola hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply