5 Fakta – Stadion Mestalla merupakan rumah dari klub Valencia dan dikenal sebagai salah satu stadion dengan sejarah yang panjang.

Bagi sebuah klub, stadion sudah menjadi layaknya sebuah rumah bagi mereka. Stadion tak ubahnya menjadi saksi bisu dari perjalanan sebuah klub dari waktu ke waktu.

Meski tak setenar Santiago Bernabeu dan Camp Nou, Stadion Mestalla dikenal sebagai salah satu bagian penting dalam sejarah sepakbola Spanyol. Stadion ini termasuk sebagai salah satu dari 10 stadion tertua di Spanyol.

Berdiri pada tahun 1923, Mestalla telah mengalami banyak perubahan dan menjadi rumah dari Valencia. Dalam edisi 5 fakta kali ini, Vivagoal menyajikan 5 fakta penting mengenai stadion Mestalla yang telah terangkum dalam 5 fakta bola Stadion Mestalla.

 

  • Laga kontra Levante menjadi Laga pembuka

Berdiri pada 20 Mei 1923, pembukaan stadion Mestalla dilaksanakan lewat sebuah laga derby kontra FC Levante. Dalam laga tersebut, Valencia meraih kemenangan lewat gol dari Arturo Montesino.

Saat itu, stadion Mestalla hanya berkapasitas sebanyak 17 ribu kursi saja. Seiring berjalannya waktu, stadion Mestalla mengalami penambahan kapasitas kursi penonton.

Baca Juga : Kebangkitan Valencia di Pentas La Liga

 

  • Sempat berganti nama jadi Luis Casanova

Stadion Mestalla sempat berganti nama menjadi stadion Luis Casanova pada tahun 1969-1994. Alasan kenapa mereka berganti nama adalah karena Luis Casanova merupakan sosok presiden yang dicintai oleh klub tersebut.

Namun, Luis Casanova akhirnya menulis sebuah surat yang meminta agar pihak klub mengganti nama stadion tersebut kembali menjadi stadion Mestalla.

 

  • Rusak parah sebanyak 2 kali

Ada 2 kejadian penting yang mengakibatkan stadion Mestalla mengalami kerusakan parah yakni, perang saudara (1936-1939) dan juga bencana banjir yang terjadi pada tahun 1957.

Perang saudara di Spanyol menyebabkan stadion Mestalla rusak parah. Setahun setelah perang, stadion Mestalla menjalani proses perbaikan di beberapa sisi yang rusak.

Bencana banjir yang disebabkan oleh sungai Turia juga menyebabkan kerusakan yang hebat kepada Stadion Mestalla. Banjir tersebut merusak sebagian kursi stadion, bagian kantor, dan bagian kelistrikan dari stadion tersebut.

 

  • Nou Mestalla

Pada tahun 2007, Valencia berencana untuk membangun sebuah stadion dengan kapasitas 75 ribu orang serta memiliki desain yang futuristic serta bernama Nou Mestalla. Sayangnya, pembangunan tersebut gagal karena kekurangan dana hingga kini.

Pada 3 Oktober 2017, pihak Valencia telah berencana untuk bernegosiasi dengan dewan kota Valencia untuk pembaharuan stadion Nou Mestalla. Menurut kabar, hal ini akan memangkas tempat duduk Nou Mestalla sebanyak 20 ribu kursi.

 

  • Laga-laga penting di Stadion Mestalla

Stadion mestalla pernah ditunjuk sebagai venue untuk menyelenggarakan beberapa event seperti Piala Dunia 1982 di Spanyol dan Piala Copa Del Rey.

Di Piala Dunia 1982, stadion ini digunakan untuk menyelenggarakan 3 laga yakni laga Spanyol kontra Honduras, Spanyol kontra Yugoslavia, dan Spanyol kontra Irlandia Utara.

Untuk Piala Copa Del Rey, 9 laga final Piala Copa Del Rey dan juga sempat menjadi kandang sementara dari Levante.

Selalu update 5 fakta terbaru sepakbola, highlights dan berita bola hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply