5 Fakta – Timnas Indonesia memiliki beberapa nama pemain berkualitas dengan skill yang mumpuni. Salah satu dari pemain tersebut adalah Firman Utina.

Firman Utina tergolong sebagai pemain yang sering dipanggil untuk membela timnas. Keahliannya sebagai seorang playmaker berpengaruh besar dalam pola serangan timnas Indonesia.

Bukan hanya bersinar di timnas, ia juga bersinar di level klub. Firman Utina tercatat telah membela beberapa klub besar mulai dari Persita Tangerang, Arema FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, dan Sriwijaya FC.

Disamping prestasinya baik di level timnas maupun klub, perjalanan hidup Firman Utina diiringi oleh beragam cerita menarik yang sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, Vivagoal telah merangkum cerita-cerita itu dalam 5 fakta menarik mengenai Firman Utina.

Baca juga : Indonesia Berhasil Kalahkan Kamboja 3-1

  1. Meninggalkan status PNS demi sepakbola

Menjadi seorang pegawai negeri sipil atau PNS memang merupakan impian semua orang tapi tidak bagi Firman Utina. Ia mengambil keputusan besar dengan meninggalkan pekerjaan tersebut guna mengejar mimpinya menjadi seorang pemain sepakbola.

Saat masih merumput bersama Persita Tangerang (2001-2004), Firman Utina masih tercatat sebagai PNS dari kabupaten Tangerang. Pekerjaan tersebut ia tinggalkan untuk bergabung dengan Benny Dolo yang direkrut oleh Arema Malang.

  1. Anak emas Benny Dolo

Kedekatan antara Firman Utina dengan Benny Dolo sudah terjalin sejak lama. Hal itu terjalin saat Bendol (sapaan Benny Dolo) masih melatih Persma Manado. Kegemilangan Firman di turnamen lokal Manado membuat Bendol kesengsem dan merekrut sang pemain.

Di bawah asuhan Benny Dolo, kemampuan Firman Utina meningkat pesat. Karena itu, Benny Dolo ingin membawa Firman Utina kemanapun ia melatih sebuah tim.

  1. Pemain terbaik Piala AFF 2010

Penampilan apik Indonesia di ajang Piala AFF 2010 tak lepas dari andil Firman Utina. Ia berhasil menjalankan tugasnya dengan baik sebagai seorang playmaker sehingga, serangan Indonesia bisa berjalan dengan lancar.

Sang pemain akhirnya diganjar salah satu penghargaan dalam ajang tersebut yakni, pemain terbaik Piala AFF 2010.

Baca juga : Indonesia Siap Bersaing Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

  1. Diorbitkan oleh Bapak asuh Egy Maulana Vikri

Bakat emas Firman Utina tercium oleh salah satu orang yang juga turut berjasa dalam mengorbitkan Egy Maulana Vikri, Subagja Suhian. Subagja Suhian sendiri memang memiliki peran penting dalam menemukan bakat sang pemain.

Subagja Suhian memang dikenal sebagai orang yang peduli akan dunia sepakbola nasional dan Firman Utina mengakui jika Subagja Suhian memang memiliki andil yang besar dalam mengorbitkan namanya di skena sepakbola nasional.

  1. Ingin memperkuat PSM Makassar dan Persipura Jayapura

Keinginan Firman Utina untuk memperkuat PSM Makassar dan Persipura Jayapura seperti dilansir dari Bola. Menurut Firman, ia ingin memperkuat klub yang jauh dari Persma Manado.

Untuk itu, ia menetapkan PSM Makassar dan Persipura Jayapura karena letaknya yang jauh. Sebenarnya, Firman sudah mendapatkan tawaran dari Persipura pada tahun 2000an. Hanya, ia lebih ingin bermain di PSM dulu, Persipura baru kembali ke Persma Manado.

Selalu update berita bola terbaru, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply