Vivagoal.com5 FaktaUntuk pertama kali di sepanjang karirnya, Manuel Neuer sukses menembus jajaran tiga besar nominasi edisi Ballon d’Or 2014. Hal itu bisa dianggap pantas bagi seorang Manuel Neuer, pasalnya performa dan pencapaian Neuer tahun 2014 sangat luar biasa.

Kegemilangan Neuer saat mengawal gawang FC Hollywood sangat membantu klubnya berhasil meraih gelar ganda yaitu juara Bundesliga dan Piala DFB-Pokal musim 2013/14. Tak cukup hanya itu, Neuer juga berhasil mengantar negaranya, Jerman menjadi kampiun raja dunia di Brasil dengan salah satu catatan apik Jerman kala membantai Tuan rumah Piala Dunia 2014, Brasil, yang sekaligus unggulan di pagelaran tersebut. Dengan dasar itu, Neuer kala itu dianggap layak memegang predikat sebagai penjaga gawang terbaik dunia tahun 2014.

Dan disepanjang sejarahnya, baru ada satu kiper yang terpilih sebagai pemain terbaik dunia, yaitu Lev Yashin pada tahun 1963.

Namun seberapa tahukah anda dengan Manuel Neuer, penjaga gawang yang dikenal mempunyai kemampuan olah bola lebih dari kiper kebanyakan ini? Dan berikut 5 fakta tentang Manuel Neuer yang masih sedikit diketahui publik.

 

  1. Manuel Neuer Nyaris Menjadi Petenis Profesional

Manuel Neuer memulai laga kompetitif perdananya kala dirinya masih sangat kecil yaitu berusia 4 tahun dan 341 hari. Saat itu Neuer didaftarkan oleh orang tuanya dalam program ‘Babini’ yang diadakan oleh klub Schalke 04, Jerman. Akan tetapi, Neuer kecil ternyata, selain kecintaannya terhadap dunia sepakbola, Manuel Neuer lebih menggeluti dunia Tennis. Bahkan hobi bermain tenis tersebut Neuer jalankan sampai usianya menginjak remaja, yaitu 14 tahun. Atlit tenis idolanya adalah juara 3 kali Wimbledon yang juga asal Jerman, Boris Becker.

 

  1. Manuel Neuer Jadi Kiper No.1 Timnas Jerman Karena Tragedi

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, pendapat jika Manuel Neuer merupakan penjaga gawang paling berpengaruh terdengar seperti sebuah pernyataan yang bisa dikatakan sangat tepat. Pertunjukan Manuel Neuer sebagai Sweeper-Keeper di klubnya Bayern Munich dan Timnas Jerman mampu mengikis mistis mengelilingi seorang penjaga gawang. Mengubah cara kiper dilatih dan kemungkinan untuk meyakinkan jutaan anak muda di seluruh penjuru Eropa dan dunia jika sebagai penjaga gawang tidak lagi dianggap sebagai ketidakmampuan seseorang bermain sepakbola secara umum.

Tapi, faktanya, kesuksesan Manuel Neuer mengakuisisi jersey nomor 1 di Timnas Jerman ternyata tak lepas dari dua tragedi kecelakaan. Pada tahun 2009, saat Timnas Jerman telah memastikan melaju ke Piala Dunia 2010, Manuel Neuer hanyalah kiper pilihan ketiga timnas Jerman, setelah Robert Enke dan Rene Adler. Keberuntungan mulai menaungi Neuer setelah secara tak diduga Robert Enke memutuskan untuk mengakhiri hidupnya, dan Rene Adler menderita cedera tulang rusuk parah, sesaat jelang Piala Dunia 2010 dimulai. Dan secara otomatis, Neuer naik menjadi kiper no.1 Timnas Jerman, hingga sekarang.

Hampir sama seperti kisah di Timnas Jerman, Manuel Neuer juga berhasil mendapatkan posisi inti di tim utama Schalke 04 setelah Frank Rost menderita cedera. Dan di laga debutnya, Neuer sukses mencatatkan clean sheet.

 

  1. Awal Karir Neuer Ditolak Fans Bayern Munchen

Saat Neuer memutuskan meninggalkan klub Schalke 04 dan berlabuh ke klub raksasa Jerman, Bayern Munich pada tahun 2011, Neuer dianggap sebagai pengkhianat oleh fans The Royal Blue, Schalke. Bahkan tidak hanya fans Schalke saja, kedatangan Manuel Neuer di Allianz Arena ternyata mendapat penolakan dari fans Bayern Munich. Itu disebabkan karena sebagian suporter garis keras Bayern Munchen masih tak melupakan bagaimana aksi Neuer saat masih membela klub lamanya meledek gaya kiper legendaris Bayern Munchen, Oliver Kahn saat merayakan titel juara.

Namun, para fans Bayern yang pernah menolak kehadiran Neuer pastinya bakal hidup dengan menanggung malu setiap datang ke stadion Allianz Arena. Sebabnya, kiper yang mereka pernah tolak justru berhasil memecahkan rekor clean sheet kiper legendaris Bayern, Oliver Kahn. Sekadar informasi, beberapa minggu setelah bergabung ke Bayern, Neuer langsung sukses mencatatkan clean sheet selama lebih dari 1000 menit.

 

  1. Manuel Neuer Jadi Pengisi Suara Film Monsters University versi Jermannya ‘Die Monster Uni’.

Setelah satu musim mengawal gawang FC Hollywood, 2011/2012, Manuel Neuer coba peruntungan baru dengan mengambil pekerjaan sebagai pengisi suara. Tak tanggung-tanggung, Neuer sebagai pengisi suara di film Monsters University, yang dalam versi Jermannya diberi judul Die Monster Uni.

Dalam prekuel Monsters, Inc. (2001) ini, Neuer dipercaya mengisi suara karakter “Frightening” alias Frank McCay, sosok monster berwarna biru yang mempunyai dua tentakel seperti tangan dan empat tentakel sebagai kaki. Die Monster Uni sendiri tayang di Jerman pada tanggal 20 Juni 2013.

 

  1. Libero Bayangan.

Manuel Neuer mulai dikenal publik sepak bola sebagai pemain lapangan ke-11 saat ajang Piala Dunia 2014 lalu di Brasil. Dalam pertandingan di babak perdelapan final melawan Aljazair, Manuel Neuer melakukan 59 sentuhan bola yang 21 diantaranya dilakukannya di luar kotak penalti. Setelah pertandingan, pelatih kiper timnas Jerman kala itu, Andreas Köpke mengomentari penampilan Neuer dengan sedikit berkelakar,

“Saya jarang menyaksikan libero yang lebih baik (dari Neuer), kecuali Franz Beckenbauer. Manuel Neuer tidak jengah mengolah bola dengan kakinya. Dan sejak beberapa tahun terakhir ia menjadi lebih percaya diri”. Peran sebagai bek bayangan itu telah dilakoninya sejak masih berkostum Schalke 04.

Peran Neuer di timnas Jerman sama persis saat bertugas di klubnya, Bayern München. Neuer tidak hanya harus mengawal gawang FC Hollywood, tetapi juga menjadi pemain yang ikut membantu sirkulasi bola, memulai serangan dari belakang atau menjadi back up buat bek belakang yang banyak dikenal sebagai Libero Bayangan.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply