Vivagoal5 FaktaLiverpool mungkin boleh berbangga dengan track record sebagai klub Inggris yang paling sukses dalam pentas sepakbola Eropa. Liverpool sudah memenangkan lima Piala Eropa dengan sejumlah gelar kontinental lainnya.

Namun, pencapaian Liverpool dalam ajang domestik tidaklah sesukses dengan catatan mereka di kompetisi Eropa. The Reds ternyata tidak berada di posisi teratas dalam raihan gelar domestik utama di Inggris seperti Premier League (First Division), FA Cup dan Piala Liga, masih kalah dari klub Manchester United. Bahkan Liverpool masih tertinggal untuk di pentas domestik.

Dan berikut 5 Fakta tim Inggris peraih gelar domestik utama terbanyak:

 

  1. Chelsea Dengan Catatan 17 Gelar Domestik (5 Liga, 7 FA Cup, 5 Piala Liga)

Chelsea menjadi salah satu klub di Inggris yang mempunyai koleksi gelar domestik utama cukup banyak, khususnya setelah kepemilikan Chelsea diambil alih oleh Taipan asal Rusia, Roman Abramovich dan kala masih dibesut oleh The Happy One, Jose Mourinho. Sampai sejauh ini, Chelsea sudah berhasil mengumpulkan 17 gelar dengan gelar FA Cup jadi yang terbanyak dengan torehan 7 trofi.

Chelsea terakhir kali berhasil merebut gelar juara domestik dua musim lalu, ketika tim yang kembali dibesut Jose Mourinho tersebut mengawinkan trofi Premier League dan Piala Liga bersama Jose Mourinho. Dan di akhir musim 2016/2017, Chelsea masih berpeluang menambah gelar Premier League jika melihat performa pasukan Antonio Conte sangat kokoh di puncak klasemen dengan selisih 10 point dari peringkat kedua, Tottenham Hotspurs.

 

  1. Aston Villa Dengan Catatan 19 Gelar Domestik (7 Liga, 7 FA Cup, 5 Piala Liga)

Aston Villa yang bermarkas di Villa Park, Birmingham dari tahun 1897 hingga sekarang dianggap sebagai salah satu klub di Inggris yang penuh dengan catatan sejarah. Klub yang didirikan pada 1874 silam ini pernah menyabet berbagai macam gelar domestik pada akhir abad 19 dan awal abad 20. Aston Villa termasuk salah satu klub pendiri Liga Sepak Bola (Football League) pada tahun 1888 serta Liga Utama pada tahun 1992.

Masa paling sulit pernah dialami oleh Aston Villa saat mengalami degradasi hingga ke Divisi Tiga di tahun 1971. Musim 1982/1983 di bawah asuhan manajer Tony Barton, Aston Villa berhasil menjuarai Piala Champions Eropa dengan mengalahkan raksasa Jerman, Bayern Munchen 1-0 dan diiringi Piala Super Eropa setahun kemudian. Aston Villa menjadi satu dari hanya 4 klub asal Inggris yang pernah menjuarai kompetisi papan atas Eropa.

Catatan apik Aston Villa yaitu mengoleksi 19 gelar domestik utama dengan FA Cup jadi yang terbanyak yaitu 7 trofi. Villa terakhir kali mampu meraih gelar domestik pada musim 1995-96 saat berhasil mengangkat Piala Liga Inggris.

 

  1. Arsenal Dengan Catatan 27 Gelar Domestik (13 Liga, 12 FA Cup, 2 Piala Liga)

Fakta ketiga, yaitu Arsenal atau yang juga lebih dikenal sebagai Meriam London. The Gunners yang saat ini dilatih oleh pria berkebangsaan Perancis, Arsene Wenger telah memenangkan total 27 gelar domestik utama termasuk 13 gelar liga. Arsenal terakhir kali merasakan piala domestik saat musim 2014/15, ketika mereka berhasil memenangkan FA Cup. Dan, musim ini, Tim Meriam London masih mempunyai kesempatan besar untuk memenangkan trofi domestik lagi setelah berhasil lolos ke babak perempat final.

Tuk Informasi, Arsenal yang didirikan pada tahun 1886 di Woolwich, Inggris yang kemudian tahun 1893 menjadi klub pertama dari selatan Inggris yang bergabung dalam kompetisi Football League. Di ajang Premier League, Arsenal termasuk salah satu klub yang belum pernah merasakan degradasi. Tak hanya itu, Arsenal juga merupakan tim sepak bola pertama yang memperkenalkan penggunaan angka pada jersey.

 

  1. Liverpool Dengan Catatan 33 Gelar Domestik (18 Liga, 7 FA Cup, 8 Piala Liga)

Liverpool dimasa lalu pernah menjadi klub yang paling menakutkan di Inggris dan Eropa. Liverpool berhasil memenangkan 5 trofi Liga Champions UEFA (dulu Piala Champions) dan menjadi klub dengan pemegang gelar juara Liga Champions UEFA terbanyak di daratan Inggris dan ketiga terbanyak di Benua Eropa bersama klub asal Jerman, FC Bayern Munchen, dan setelah Raksasa Real Madrid dan AC Milan. Tak hanya itu, Liverpool juga menjadi pemegang 3 gelar juara Liga Eropa UEFA dan Piala Super UEFA.

Tak hanya di kancah Eropa, Liverpool di kejuaran domestik juga sudah mengoleksi 33 trofi domestik utama Inggris. The Reds memang beberapa tahun terakhir belum pernah menjadi juara Premier League tapi Liverpool terakhir kali berhasil menyabet gelar pada musim 2011/12 dengan memenangkan Piala Liga. Liverpool yang sekarang di nahkodai pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp masih menjadi pemegang rekor juara Piala Liga terbanyak dengan koleksi 8 gelar.

 

  1. Manchester United Dengan Catatan 37 Gelar Domestik (20 Liga, 12 FA Cup, 5 Piala Liga)

Keberhasilan Jose Mourinho mempersembahkan trofi EFL Cup beberapa waktu lalu untuk Manchester United membuat bertambahnya koleksi gelar domestik utama The Red Devils. Total, Setan Merah sudah mengoleksi gelar domestik di daratan Inggris sebanyak 37 kali.

Dan di musim ini, Setan Merah dibawah asuhan pelatih anyar Jose Mourinho masih berpeluang menambah gelar di pentas domestik karena belum tersingkir dari pertarungan di FA Cup. Namun, tidak ada salahnya jika menyebut Manchester United sebagai klub tersukses di Britania Raya.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply