Vivagoal5 Fakta – Bursa transfer tidak hanya terkenal akan keganasan klub-klub top Eropa dalam berbelanja. Ada juga klub yang menjual beberapa atau bahkan banyak pemain layaknya sebuah pasar swalayan.

Transfer pemain tak selamanya dipenuhi dengan isu-isu panas mengenai aktivitas klub-klub dalam berbelanja pemain. Ada juga yang harus melepas sejumlah pemain karena beberapa alasan seperti eksodus, kebangkrutan, masalah finansial, dan lain-lainnya.

Terlepas dari alasan yang ada, klub-klub pasar swalayan ini mendapatkan banyak keuntungan dari hasil penjualan pemain yang telah mereka lepas. Hal itu juga berdampak pada prestasi mereka. Lepasnya beberapa pemain bintang membuat prestasi mereka di liga yang mereka ikuti menurun.

Vivagoal telah merangkum 5 fakta mengenai siapa saja klub yang harus menjual beberapa pemain yang mereka miliki. Klub-klub tersebut kebanyakan berasal dari klub besar yang pernah bersinar dan memiliki beberapa pemain bintang yang turut membuat klub yang menaunginya naik daun. Berikut, 5 fakta klub “pasar swalayan” yang perlu Anda simak.

  1. Tottenham Hotspur

Klub pertama adalah Tottenham Hotspur. Klub berjuluk The Lily Whites ini terkenal sebagai salah satu klub yang sering menjual banyak pemain. Ada banyak pemain bintang yang bersinar dan akhirnya harus hengkang karena direkrut oleh sejumlah klub besar di Eropa.

Ada sejumlah nama-nama pemain tenar seperti Michael Carrick dan Dimitar Berbatov yang ke MU, Gylfi Sigurdsson dan Luka Modric yang ke Madrid. Salah satu pemain yang paling lepas dan sempat menyita perhatian banyak orang adalah Gareth Bale. Ia direkrut oleh Madrid dengan harga hampir 100 juta euro.

Bale sempat menyandang predikat pemain termahal sebelum hal itu dikalahkan oleh transfer Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United. Meski harus melepas sejumlah pemain bintang yang mereka miliki, Spurs tetap bisa berbicara banyak di kompetisi Liga Inggris. Regenerasi pemain muda menjadi hal penting yang menjaga Spurs tetap memiliki stok pemain bintang seperti Harry Kane dan Dele Alli.

  1. Atletico Madrid

Atletico Madrid dikenal sebagai salah satu klub yang jarang membeli pemain. Kejelian Diego Simeone dalam mencari pemain bagus disebut-sebut menjadi senjata utama kenapa Atletico tetap tampil garang sebagai competitor dari Barcelona dan Real Madrid di ajang La Liga.

Bukan rahasia jika Atletico selalu kehilangan beberapa pemain mereka di setiap musimnya. Ada sejumlah nama tenar yang sudah hengkang seperti David De Gea, Filipe Luis, Mario Mandzukic, Toby Alderweireld, dan beberapa nama lainnya. Pemain-pemain yang sempat menyita perhatian adalah Diego Costa dan Radamel Falcao.

Meski kehilangan pemain bintang yang mereka miliki, Atletico nyatanya tetap tampil baik dalam setiap musimnya. Selain di La Liga, mereka menunjukkan penampilan baik secara konsisten dalam beberapa musim di Liga Champion. Kemunculan Antoine Griezmann, Jan Oblak, Gabi, Koke, Godin, dan sejumlah pemain lainnya mampu menutupi kepergian pemain bintang yang mereka miliki.

Namun, Atletico perlu waspada karena, beberapa pemain yang mereka miliki terus ditarget oleh klub-klub besar Eropa terutama Antoine Grizmann yang sempat dikaitkan dengan sejumlah klub besar.

  1. AS Monaco

Musim kemarin, AS Monaco mencuat sebagai salah satu kuda hitam dalam persaingan sepakbola Eropa. Mereka bisa menembus babak semifinal sebelum dihentikan oleh Juventus. Selain itu, mereka juga meraih gelar Ligue 1 dan mematahkan dominasi PSG yang  inkonsisten karena ditinggal oleh Zlatan Ibrahimovic.

Kiprah Monaco yang mencengangkan tak lepas dari pengaruh beberapa pemain bintang yang dimiliki oleh Monaco. Berbekalkan hampir sebagian pemain muda, Monaco tampil bagus dan mengejutkan banyak klub besar.

Ada 3 pemain yang dilepas oleh Monaco pada bursa transfer musim ini yakni, Benjamin Mendy dan Bernardo Silva ke Manchester City dan Tiemoue Bakayoko ke Chelsea.

Sebelum itu, Monaco juga sudah dikenal sebagai klub yang sering menjual pemain bintang mereka seperti Anthony Martial ke MU, James Rodriguez ke Real Madrid dan Kondogbia ke Inter Milan.

Yang terbaru, Kylian Mbappe diisukan akan direkrut oleh Real Madrid. Monaco patut waspada karena, mereka bisa kehilangan pemain bintang mereka jika mereka tak memagari Mbappe dan pemain lainnya.

  1. Borussia Dortmund

Selanjutnya, ada Borussia Dortmund. Klub yang bermarkas di Signal Iduna Park ini juga sering menjadi korban klub-klub besar terutama Bayern Munich. Sejumlah pemain yang mereka miliki kebanyakan dibeli oleh Bayern Munich.

Kecemerlangan Dortmund di era kepelatihan Jurgen Klopp membuat Dortmund naik daun sebagai salah satu kuda hitam di sepakbola Eropa. Tidak hanya itu saja, pemain-pemain yang turut andil juga mendapatkan sorotan berkat performa mereka.

Hasilnya, Dortmund harus kehilangan nama-nama besar seperti Robert Lewandowski, Mats Hummels, Shinji Kagawa, Mario Goetze, Kagawa dan Goetze akhirnya kembali ke Dortmund setelah merantau di klub lain.

Karena hal itu, Dortmund sempat kesulitan dalam menyaingi persaingan Bayern Munchen dan klub lainnya baik di Bundesliga maupun kompetisi Eropa.

  1. FC Porto

Keberhasilan FC Porto di ajang Liga Champion pada tahun 2004 seakan menjadi sebuah fenomena baru. Pemain-pemain yang turut andil dalam membawa Porto langsung mendapatkan sorotan dan masuk kedalam daftar bidikan klub-klub di Eropa.

Ada sejumlah pemain yang dibeli seperti Deco, Paulo Ferreira, Pepe, Raul Meireles, James Rodriguez dan beberapa pemain lainnya.

Meski kehilangan sejumlah pemain yang mereka miliki, pembinaan pemain muda menjadi rahasia utama kenapa Porto tetap bisa berjaya di Liga Portugal. Selain itu, mereka selalu menjual pemain yang mereka miliki.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply