VivagoalBerita Bola – Perhelatan Liga Inggris musim 2017-2018 akan berlangsung pada Sabtu dini hari (12/8/2017). Sebagai salah satu liga yang dianggap paling prestisius, Liga Inggris menyimpan banyak fakta menarik.

Laga Arsenal vs Leicester City akan menjadi laga perdana dalam minggu pertama Liga Inggris. Selain itu, akan ada 9 laga yang berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu malam.

Hingga kini, Liga Inggris telah menghadirkan banyak cerita unik. Meski belum berlangsung, Liga Inggris musim 2017-2018 memiliki beberapa fakta menarik yang penting untuk kita ketahui.

Jika Anda mengaku sebagai fans dari Liga Inggris, belum lengkap rasanya jika Anda belum membaca 5 fakta yang telah dirangkum oleh Vivagoal mengenai 5 Fakta Liga Inggris untuk musim 2017/2018.

  1. Musim ke-26

Musim 2017/2018 menjadi musim ke-26 Liga Inggris sejak dimulai pada tahun 1992. Musim tersebut akan dimulai pada tanggal 11 Agustus 2017 dan berakhir pada tanggal 13 Mei 2018.

Sebelumnya, jadwal Liga Inggris untuk musim ini sudah diumumkan secara resmi oleh pihak Premier League lewat situs mereka pada tanggal 14 Juni 2017 kemarin.

Di musim tersebut, Chelsea berstatus sebagai juara bertahan setelah berhasil merengkuh gelar Liga Inggris pada musim kemarin. Selain itu, ada 3 klub yang berhasil naik kasta yakni, Newcastle United, Brighton & Hove Albion, dan Huddersfield Town.

  1. Promosi 3 tim divisi kedua

Dengan terdegradasinya Hull City, Middlesbrough dan Sunderland maka, Liga Inggris menyisakan 3 tempat bagi 3 klub promosi. Musim ini, 3 klub yang naik ke divisi Premier League adalah Brighton & Hove Albion, Newcastle United, dan Huddersfield Town.

Keikutsertaan Brighton di divisi utama Liga Inggris akan menjadi yang pertama sejak tahun 1983 kemarin.

Klub kedua yang naik ke divisi utama Liga Inggris adalah Newcastle United. Sentuhan Rafael Benitez mampu membuat Newcastle kembali naik ke Premier League. Perjuangan Rafael Benitez dan tim asuhannya menjadi hal menarik yang patut disimak mengingat, Benitez bukan pelatih sembarangan.

Huddersfield Town menjadi tim terakhir yang masuk ke divisi utama Liga Inggris. Mereka meraih tiket terakhir setelah mengalahkan Reading di laga Play Off Championship pada 29 Mei 2017 kemarin. Keikutsertaan Huddersfield menjadi yang pertama sepanjang sejarah klub tersebut.

  1. Kehadiran 3 pelatih baru

Ada 3 klub Liga Inggris yang resmi mengganti pelatih mereka. Dari ketiga klub tersebut, setiap pelatih lama hengkang berdasarkan keputusan yang berbeda-beda.

Pertama, ada Walter Mazzarri yang menukangi Watford. Pelatih asal Italia tersebut resmi menyudahi karirnya di Watford berdasarkan persetujuan dari dirinya dan pihak klub. Sebagai pelatih yang baru, Watford resmi menunjuk Marco Silva yang mulai bertugas pada 27 Mei 2017 kemarin.

Kedua, ada Sam Allardyce yang memutuskan untuk pensiun pada 23 Mei 2017. Pelatih yang sebelumnya melatih Crystal Palace itu resmi digantikan oleh Frank de Boer pada 26 Juni 2017 kemarin.

Ketiga, ada Claude Puel yang mengalami nasib sedikit berbeda ketimbang 2 pelatih sebelumnya. Puel harus mengalami pemecatan saat menukangi Southampton. Mauricio Pellegrino ditunjuk sebagai pengganti Puel pada 23 Juni 2017 kemarin.

  1. Semua klub telah menghabiskan lebih dari 1 milyar poundsterling

Berdasarkan data Transfermarkt hingga kini, klub-klub di Liga Inggris telah menghabiskan lebih dari 1 milyar poundsterling untuk urusan belanja.

Manchester City tercatat sebagai klub dengan pengeluaran lebih banyak dengan mengeluarkan uang sebesar 200 juta pounds lebih.

Jumlah pengeluaran yang ada masih bisa bertambah mengingat, bursa transfer baru akan ditutup pada tanggal 31 Agustus mendatang.

Liga Inggris musim 2017/2018 dipenuhi oleh beberapa pemain bintang baru seperti Alvaro Morata, Benjamin Mendy, Alexandre Lacazette dan pemain-pemain lainnya yang diyakini dapat menambah pamor Liga Inggris di dunia internasional.

  1. Semua klub bisa bermain di Stadion Wembley

Setiap klub Liga Inggris bisa menikmati kemegahan stadion nasional Wembley berkat Tottenham Hotspur. Di musim ini, Tottenham Hotspur mendapatkan izin untuk menggunakan stadion Wembley karena kandang mereka (White Hart Lane) masih dipugar.

Untuk itu, hal ini menjadi kesempatan emas bagi setiap klub terutama klub-klub kecil untuk merasakan stadion Wembley mengingat, stadion ini tak bisa setiap saat dirasakan oleh mereka. Stadion Wembley pada umumnya hanya digunakan untuk keperluan khusus saja seperti penyelenggaraan pertandingan final.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply