Vivagoal5 FaktaIndonesia memiliki banyak pemain naturalisasi yang berkualitas. Salah satunya adalah Raphael Maitimo yang kini memperkuat Persib Bandung.

Raphael Maitimo menjadi salah satu gelandang asal Belanda yang telah cukup lama merumput di tanah air. Ia merupakan pemain naturalisasi Indonesia dan telah memperkuat timnas sejak Piala AFF tahun 2012 kemarin.

Di Indonesia, ia telah memperkuat beberapa klub papan atas Indonesia mulai dari Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Persija Jakarta, Arema FC, dan kini Persib Bandung.

Pemain yang kini berusia 33 tahun tersebut menyimpan banyak cerita menarik yang akan disampaikan oleh Vivagoal lewat 5 fakta Raphael Maitimo.

 

1. Pernah satu tim dengan Robin Van Persie

Saat masih berkebangsaan Belanda, Maitimo muda pernah bermain di akademi Feyenoord. Di klub tersebut, sang pemain memulai karir professionalnya dan sempat satu tim dengan Robin Van Persie di tim Feyenoord Youth.

Ia juga pernah satu tim dengan Arjen Robben dan Wesley Sneijder di timnas Belanda U-15, U-16 dan U-17 seperti dilansir dari Wikipedia.

Ia bertemu lagi dengan RVP saat timnas Belanda melakukan laga persahabatan dengan timnas Indonesia pada 7 Juni 2013. Selain RVP, ia juga bertemu dengan Wesley Sneijder dan Arjen Robben yang pernah satu negara dengannya.

 

2. Proses naturalisasi yang memakan waktu lama

Raphael Maitimo mendapat tawaran untuk menjadi bagian dari timnas Indonesia oleh PSSI pada Oktober 2010. Namun, hal itu baru tercapai pada tahun 2012 karena penyelesaian dokumen serta hal lainnya yang menghambat Maitimo untuk mengenakan seragam timnas Indonesia.

Debut sang pemain di timnas Indonesia terjadi pada 25 November 2012 kemarin saat memperkuat Indonesia vs Laos di ajang Piala AFF 2012.

 

3. Hanya semusim di setiap tim Liga Indonesia

Sejak tahun 2013 hingga tahun 2017, Maitimo tercatat telah memperkuat 5 tim tanah air yakni, Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Arema FC, dan Persib Bandung.

Disetiap timnya, sang pemain hanya satu musim saja dan setelah itu, ia langsung berpindah ke tim lain hingga kini.

 

4. Sempat akan ke PSM tapi tidak jadi

Sebenarnya, Maitimo sempat akan berpindah ke PSM Makassar setelah memperkuat Arema FC. Kala itu, sang pemain dikabarkan hampir jadi menjadi bagian dari skuat tersebut.

Sayangnya, hal itu tidak terjadi dan dikarenakan kekecewaan Maitimo kepada PSM yang tak kunjung membayar uang yang telah disepakati dalam tanda tangan kontrak sang pemain.

Mengenai hal tersebut, Maitimo sudah minta maaf akan hal itu. Selain itu, ia mengatakan bahwa ia merasa berat dalam melakukan hal tersebut karena ia menaruh respect kepada PSM Makassar sehingga, ia segera melakukan keputusan tersebut.

 

5. Termasuk pemain ke-8 asal Belanda yang telah dinaturalisasi

Raphael Maitimo termasuk kedalam 8 nama pemain asal Belanda yang telah dinaturalisasi. 7 nama lainnya selain Maitimo yang telah resmi menjadi warga Indonesi adalah Ezra Walian, Jhonny Van Beukering, Stefano Lilipaly, Sergio Van Djik, Tonnie Harrie Cussel Lilipaly, Ruben Wuarbanaran, dan Diego Michiels.

Selain itu, ia juga termasuk kedalam 12 pemain asing yang telah dinaturalisasi menurut Bola pertanggal 18 Mei 2017 kemarin.

Selalu update 5 fakta terbaru sepakbola, highlights dan berita bola hanya di Vivagoal.com

One Comments

  • Adya Razan 28 / 08 / 2017 Reply

    salah satu pemain naturalisasi terbaik di level klub

Leave a Reply