Vivagoal5 Fakta -Mohamed Salah di kenal sebagai salah satu striker top asal Mesir yang telah lama melanglang buana di Eropa. Kini, ia memperkuat Liverpool dan digadang-gadang bisa membuat lini depan The Reds bertambah tajam.

Mengawali karirnya di El Mokawloon, performa Mohamed Salah menarik hati banyak klub Eropa. Salah satunya adalah FC Basel yang berhasil merekrut sang pemain. Setelah itu, sang pemain beberapa kali pindah klub di Eropa dan akhirnya menetap di Liverpool hingga saat ini.

Salah di kenal akan kecepatannya, skill serta insting golnya yang tajam. Selain itu, ia juga di kenal sebagai sosok yang rendah hati. Hal ini yang menjadi alasan kenapa Chelsea akhirnya merekrut sang pemain menurut Mourinho.

Meski sempat meredup di Chelsea, ia kembali bersinar setelah bergabung dengan Fiorentina yang akhirnya membuat AS Roma meminjamnya dan mematenkan statusnya sebagai pemain permanen Roma. Kini, ia tertantang untuk kembali ke Liga Inggris dengan memperkuat The Reds, Liverpool. Vivagoal akan merangkum fakta-fakta sang pemain dalam 5 fakta Mohamed Salah di bawah ini.

 

  • Si Messi dari Mesir

Mohamed Salah mendapat julukan Messi dari Mesir. Hal ini dikarenakan skill, kecepatan, serta gaya bermainnya membuat ia mendapatkan julukan tersebut.

Semasa di Fiorentina, ia juga pernah mendapatkan pujian akan permainannya yang mengagumkan dari Vincenzo Montella. Montella menyebut Salah sama baiknya dengan bomber kelahiran Argentina yang kini memperkuat Barcelona tersebut.

 

  • Pemain Mesir pertama yang berseragam Liverpool

Mohamed Salah bergabung dengan Liverpool dengan nilai transfer 42 juta euro serta mengenakan nomor punggung 11 menggantikan Firmino yang beralih nomor ke nomor punggung 9.

Perekrutan tersebut membuat Mohammed Salah menjadi pemain Mesir pertama yang bergabung dengan Liverpool. Pada laga debutnya di Liga Inggris, Salah juga turut mencetak gol debut.

 

  • Pemain kidal dan bisa ditempatkan di 3 posisi

Mohamed Salah di kenal sebagai pemain yang kidal. Selain itu, ia berposisi sebagai sayap kanan. Kemampuan kaki kidalnya serta posisi sayap kanan menjadi kombinasi yang mematikan dan mengancam tim lawan.

Selain itu, Salah juga bisa ditempatkan di 2 posisi lainnya, second stiker dan sayap kiri. Kemampuan Salah yang bisa bermain di 3 posisi tersebut membuatnya menjadi salah satu incaran dari banyak klub di bursa transfer kemarin.

 

  • Pelari kelas dunia

Menurut analisis dari beIN Sports, Mohamed Salah memiliki kecepatan lari yang mengagumkan. Ia hanya membutuhkan waktu 7 detik untuk lintasan sepanjang 70 meter. Dengan begitu, ia membutuhkan 10 detik untuk lintasan lari sepanjang 100 meter.

Kecepatan larinya mencapai 35,4 km/jam di atas lapangan dengan rumput lembab. Hal ini terbilang cukup mengagumkan mengingat, rumput lembab cenderung memperlambat kecepatan lari dari pemain sepakbola.

 

  • Kreativitasnya yang mumpuni

Dilansir dari sepakbola.com, Mohamed Salah tercatat telah membuat 134 peluang selama berkarir di AS Roma. Pada musim kemarin (2016-2017), ia tercatat membuat 71 peluang dan membuatnya menjadi pemain yang paling banyak membuat peluang.

Hal tersebut dianggap menjadi salah satu alasan mengapa Liverpool merekrutnya. Salah dinilai cocok dengan Mane. Salah akan ditempatkan sebagai penyuplai bola untuk Sadio Mane sehingga, daya gedor Liverpool agar bertambah deras.

Selalu update 5 fakta terbaru sepakbola, highlights dan berita bola hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply