5 Fakta – Sabtu (14/10/2017) ini, Liverpool akan berhadapan dengan Manchester United. Laga tersebut dikenal sebagai derby North West yang memiliki nilai sejarah yang panjang mengenai rivalitas diantara kedua klub tersebut.

Secara geografis, kota Manchester dan kota Liverpool terletak di bagian barat laut Inggris. Derby North West dikenal sebagai salah satu derby terpanas di Eropa layaknya, El Clasico dan Derby Della Madonnina.

Rivalitas antara Liverpool dan MU berawal dari dibangunnya Manchester Ship Canal yang menyaingi pelabuhan Liverpool. Dibangunnya pelabuan Manchester membuat pelabuhan Liverpool tak seramai dulu.

Kebencian antara kedua kota tersebut merembet ke dunia sepakbola. Persaingan yang panas membuat laga ini terus dinanti. Bagi MU dan Liverpool, laga ini bukan sekedar laga biasa karena berkaitan langsung dengan harga diri dari kota Liverpool dan kota Manchester.

  1. Head to Head Derby North West

Derby North West telah terselanggara sebanyak 226 kali. Dari laga-laga yang berlangsung di semua kompetisi, MU lebih unggul atas Liverpool karena mereka menang 87 kali sedangkan Liverpool menang 75 kali. Sisanya, 64 laga berakhir dengan seri.

Dalam 3 laga terakhir, kedua tim harus puas dengan berbagi 1 poin dimana, mereka bertemu dalam 2 ajang, 2 laga Liga Inggris dan 1 laga Liga Europa.

  1. Rivalitas antara pemain

Rivalitas MU dan Liverpool menjalar ke pemain-pemain yang ada di klub tersebut. Mereka terpengaruh akan sejarah rivalitas antara kedua klub tersebut sehingga, mereka membenci musuh mereka.

Ada 2 kejadian penting yang masih diingat hingga sekarang dan melibatkan 2 pemain yang juga menjadi icon dari Liverpool dan MU, Wayne Rooney dan Steven Gerrard.

Wayne Rooney mengaku kalau ia sudah membenci Liverpool dari kecil sedangkan Gerrard lebih ekstrim lagi. Stevie G pernah menunjukkan koleksi jersey di rumahnya dan ia menuturkan jika ia tidak akan memasang jersey Manchester United di rumahnya.

Baca juga : North-West Derby, Sejarah Rivalitas antara MU dan Liverpool

  1. Derby North West Dalam Angka

Di Liga Inggris, Derby North West telah terjadi sebanyak 198 kali. Dalam 198 laga tersebut, terdapat beberapa rekor yang tercipta hingga kini. Berikut catatan mengenai rekor-rekor yang tercipta pada derby North West hingga kini.

  • Penampilan terbanyak : Ryan Giggs (48 caps)
  • Top scorer : Steven Gerrard, George Wall dan Sandy Turnbull (9 gol)
  • Skor terbesar : Liverpool vs Newton Heath 7-1 (Newton Heath adalah nama awal dari MU sebelum berganti nama menjadi seperti yang kita kenal sekarang)
  1. Hooliganisme

Layaknya sayur kurang garam, rivalitas antara kedua klub besar tersebut tentu akan kurang jika tidak ada fanatisme supporter kedua klub tersebut. Dalam derby North West, Hooliganisme tampil sebagai penyedap yang semakin memanaskan tensi pertandingan.

Salah satu bukti nyata permusuhan antara supporter dari kedua klub tersebut adalah chant yang dinyanyikan oleh para supporter. Supporter Liverpool pernah terlihat menyanyikan chant yang mengejek tragedi Munich dan Shankly sedangkan supporter MU menyanyikan chant yang mengejek tragedy Heysel dan Hillsborough.

  1. Transfer Pemain

Rivalitas antara Liverpool dan MU tak hanya terjadi di lapangan maupun antar supporter saja. Kedua klub juga enggan melepas pemain ke satu sama lain.

Meski demikian, ada beberapa pemain yang tercatat pernah pindah dari Liverpool ke MU atau sebaliknya. Hal ini juga memantik amarah supporter karena, pemain yang pindah dianggap mengkhianati klub yang mereka perkuat.

Salah satu kasus yang sempat heboh adalah Gabriel Heinze. Liverpool sempat tertarik untuk mendatangkan sang pemain di tahun 2007 dan Heinze juga tertarik untuk pindah ke Anfield. Suppoter MU murka dan menganggap Heinze sebagai pengkhianat. Namun, ia akhirnya tidak jadi pindah ke Liverpool dan bergabung dengan Real Madrid.

Selalu update berita bola terbaru, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply