Paul Pogba menjadi pemain yang paling laris ditawar oleh klub-klub besar belakangan ini. Bahkan, Real Madrid dan Manchester United siap menebus klausul lepas sang pemain yang kabarnya mencapai harga 100 juta Poundsterling. Berikut Vivagoal rangkum lima fakta tentang Paul Pogba.

 

1. Paul Pogba lahir dan berkebangsaan Perancis, tetapi mempunyai saudara laki-laki yang bermain bagi tim nasional Guinea Bissau.

Pogba lahir pada Maret 1993, di Perancis dari orang tua yang berdarah Guinea. Ia mempunyai dua orang kakak kembar, Florentin Pogba yang bermain bagi klub Liga Perancis, Saint-Etienne dan Mathias Pogba yang kini bermain bagi klub Sparta Rotterdam, di Liga Belanda. Keduanya pernah mencatatkan penampilan bersama tim nasional Guinea. Ketiga bersaudara tersebut menyetujui bahwa sang ayah adalah inspirasi bagi mereka untuk menjadi pemain sepak bola profesional. Sementara sang ibunda, Yeo Moriba, kabarnya dulu juga pernah aktif bermain sepakbola

ifograph_paul

2. Pernah bermain di akademi Manchester United

Paul Pogba kecil menghabiskan waktunya bersama tim junior US Roissy- en-Brie, yang terletak tidak begitu jauh dari rumahnya. Selama tujuh tahun ia bersama klub tersebut, lalu berpindah ke akademi Le Havre pada tahun 2007. Di akademi inilah namanya mulai dikenal klub seperti Juventus dan Arsenal karena membawa klub tersebut memenangkan gelar domestik. Tetapi, malah Manchester United yang mendapatkannya pada Juli 2009. Bersama Manchester United, ia pernah mencatatkan debut di Liga Primer dalam laga melawan Stoke City dan bermain di Liga Europa dalam laga melawan Athletic Bilbao tiga tahun kemudian.

 

3. Namanya melonjak bersama Juventus.

Namun begitu, di akhir musim 2012, ia tidak memperoleh perpanjangan kontrak dari manajer Setan Merah kala itu, Sir Alex Ferguson. Juventus yang melihat bakat Pogba lalu merekrutnya dengan Cuma-Cuma pada Juli 2012. Bersama Juventus, ia berkembang pesat dan bahkan mampu menggantikan peran  Pirlo yang hijrah ke Amerika. Ia berhasil memenangkan empat gelar Serie A secara berturut-turut, ditambah dua trofi Copa Italia. Selama empat musim bersama Juventus, ia telah mencatatkan 124 pertandingan liga, mencetak 28 gol, dan 31 Assist.

 

4. Datang ke ajang Ballon D’or 2015 bersama ibundanya.

Tidak seperti para pemain sepakbola terkenal yang biasanya membawa pasangannya ke acara penghargaan tersebut, Paul Pogba malah membawa,Yeo Moriba, ibunya untuk menemaninya pada acara minggu malam tersebut. Bukan itu saja, ia juga tampil berbeda dengan potongan rambut yang aneh dan jas dengan corak berwarna keemasan. Pada penghargaan tersebut, ia masuk ke dalam FIFPro World XI, dan menjadi satu dari tiga pemain  di luar Real Madrid dan Barcelona yang memperoleh penghargaan tersebut.

 

5. Kembali ke Manchester United

Pogba yang dijual secara cuma-cuma oleh Manchester United rupanya masih diminati oleh tim lamanya tersebut. Apalagi Manchester United pada musim ini dilatih oleh Jose Mourinho, yang begitu ambisius untuk mendapatkan gelar pertamanya di kota Manchester. Beberapa kali penawaran sempat ditolak oleh Juventus, namun pada akhirnya mereka melepas Pogba dengan harga 89 juta Poundsterling atau sekitar 106 juta euro. Pembelian tersebut memecahkan rekor transfer sebelumnya ketika Real Madrid membeli seorang Gareth Bale dari Tottenham Hotspurs.

Selalu update berita terbaru sepakbola dan tonton live streaming di Vivagoal.com