5 Fakta – Seorang pelatih biasanya melatih sebuah klub dalam kurun waktu 1 tahun – 3 tahun. Namun, bagaimana jadinya jika mereka harus berhenti lebih cepat dari kontrak yang ditetapkan?

Seorang pelatih memiliki pekerjaan yang sangat penting. Bak seorang nahkoda, ia bertugas untuk membawa tim yang ia setir untuk sampai di tujuan.

Adakalanya, banyak hal terjadi saat ia melatih sehingga, ia harus berhenti dari jabatannya sebelum masa kontraknya habis.

Ada beberapa faktor mengapa hal tersebut terjadi. Pertama, sang pelatih dipecat oleh klub karena berbagai macam alasan seperti, penampilan yang inkonsisten atau penurunan prestasi.

Ada juga faktor lainnya yang turut menyebabkan seorang pelatih harus berhenti lebih cepat dari masa kontrak yang telah ditetapkan. Faktor tersebut akhirnya melahirkan beberapa pelatih yang memiliki karir terpendek dalam melatih sebuah klub sepakbola dan akan dibahas lebih lanjut oleh Vivagoal dalam 5 fakta pelatih dengan rekor karir terpendek di bawah ini.

  • Leroy Rosenior ( Torquay United – 10 menit)

Leroy Rosenior memegang rekor sebagai pelatih dengan karir terpendek di dunia hingga kini. Ia hanya melatih Torquay United selama 10 menit saja. Pemecatannya dilakukan karena adanya pergantian pemilik klub.

Pemilik klub yang baru menginginkan orang lain sehingga, Leroy harus menghadapi pemecatan ketika tanda tangan yang ia bubuhkan belum kering di kertas kontrak.

  • Marcelo Bielsa (Lazio – 2 hari)

Pelatih selanjutnya yang masuk kedalam daftar ini adalah Marcelo Bielsa. Pelatih asal Argentina tersebut mengaku kecewa dengan manajemen Lazio yang belum mendatangkan pemain baru sama sekali.

Menurutnya, ia membutuhkan setidaknya 3 pemain baru agar ia bisa bekerja dengan baik dalam menerapkan metodenya. Akibat hal tersebut, Marcelo bielsa langsung mengundurkan diri dari Lazio.

Baca juga : Sederet Nama Calon Pengganti Ancelotti

  • Dave Bassett (Crystal Palace – 4 hari)

Jika seorang pelatih mundur akibat tidak puas dengan manajemen klub atau dipecat maka, Dave Bassett memiliki alasan tersendiri. Ia hanya bertahan selama 4 hari di Crystal Palace dan kembali ke klub yang ia latih sebelumnya, Wimbledon.

Alasan mengapa Dave Bassett hanya melatih selama 4 hari karena, ia tampaknya tidak betah di Crystal Palace. Dilansir dari Telegraph, ia tidak pernah menandatangani kontrak secara langsung dengan Crystal Palace namun, ia sempat melatih klub tersebut selama 4 hari.

  • Kevin Cullis (Swansea City – 7 hari)

Kevin Cullis masuk sebagai pelatih yang keempat dengan karir terpendek. Hal ini ia alami kala melatih Swansea City di musim 1995/1996. Mengenai hal tersebut, belum jelas apakah sang pelatih dipecat atau mengundurkan diri.

Yang jelas, rezim Cullis di Swansea hanya bertahan selama 7 hari saja. Ia hanya menangani Swansea selama 2 laga saja.

  • Billy McKinlay (Watford – 8 hari)

Billy McKinlay menjadi pelatih yang kelima yang masuk kedalam daftar pelatih dengan karir terpendek versi Vivagoal. Sang pelatih hanya menukangi Watford selama 8 hari saja pada tahun 2014.

Kala itu, ia datang ke Watford sebagai staff kepelatihan. 3 hari kemudian, ia ditunjuk sebagai pelatih utama untuk menggantikan Oscar Garcia yang mengundurkan diri. Saat baru menjabat sebagai pelath 5 hari saja, sang pelatih harus dilengserkan kala Watford memilih Slavisa Jokanovic.

Selalu update berita bola terbaru, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply