Vivagoal.com5 FaktaSudah menjadi rahasia umum jika Liverpool merupakan salah satu klub yang punya sejarah panjang di sepakbola Inggris. The Reds yang bermarkas di Anfield ini pernah mendominasi kompetisi Eropa dan Inggris dan juga melahirkan banyak bintang sepakbola kelas dunia.

Faktanya, beberapa tahun belakangan ini, The Reds cukup banyak merekrut pemain dengan harapan bisa kembali merajai kompetisi domestik dan Eropa. Sayangnya, tidak semua pemain yang dibeli bisa mempunyai karir yang cemerlang bersama Liverpool. Para pemain yang tidak sukses di Liverpool mau tidak mau harus meninggalkan klub dan melanjutkan karirnya di tempat lain. Ironisnya, beberapa dari pemain yang dibuang tersebut justru karirnya semakin cemerlang setelah meninggalkan Liverpool.

Berikut ini 5 Fakta pemain buangan Liverpool yang tampil cemerlang di musim 2016/17:

 

  1. Peter Gulacsi

Peter Gulacsi, Kiper asal Hungaria ini pertama kali bergabung dengan Liverpool pada tahun 2007 dengan status pinjaman dari MTK Budapest. Setelah tampil impresif di tim cadangan, Liverpool kemudian mempermanenkan sang kiper pada akhir musim.

Meskipun begitu, Gulacsi tidak pernah mendapat kesempatan tampil di tim utama. Ia sempat dipinjamkan ke beberapa klub sebelum akhirnya dilepas permanen ke Red Bull Salzburg. Dua tahun di Austria, membuat Gulacsi semakin berkembang hingga akhirnya berlabuh di Jerman bersama Leipzig pada tahun 2015.

Di musim 2016/17, Gulacsi memainkan peran yang sangat penting dalam membawa klubnya, Leipzig bertengger di peringkat kedua Bundesliga musim ini. Ia baru kebobolan 25 gol, paling sedikit kedua setelah Bayern Munchen. Kiper berusia 26 tahun tersebut sudah tampil dalam 23 pertandingan dan mengemas lima cleansheet.

 

  1. Brad Jones

Brad Jones tercatat bergabung dengan Liverpool setelah menghabiskan 10 tahun karirnya di klub Middlesbrough. Setelah diboyong ke Anfield pada tahun 2010, pemain asal Australia ini hanya menjadi kiper pilihan ketiga dan sempat dipinjamkan ke Derby County.

Mendapatkan kesempatan bermain secara reguler yang sangat minim, Jones akhirnya memilih meninggalkan Liverpool pada tahun 2015. Ia memilih melanjutkan karirnya dengan Bradford City dan NEC sebelum akhirnya berlabuh ke Feyenoord pada awal musim ini.

Di klub Belanda, Feyenoord, pemain berusia 34 tahun ini sudah bermain dalam 27 pertandingan di liga bersama Feyenoord dan mampu mengemas 14 clean sheet untuk membantu timnya meraih peringkat 1 klasemen sementara Eredivisie dan reputasi tim dengan pertahanan terbaik di Belanda.

 

  1. Mario Balotelli

Liverpool dianggap melakukan perjudian besar ketika mendatangkan eks striker Timnas Italia, Mario Balotelli. Mantan pemain Manchester City itu digadang-gadang menjadi pengganti Luis Suarez di Liverpool yang pindah ke Barcelona, tapi gagal total.

Setelah sempat kesulitan menembus tim utama, Balotelli akhirnya dipinjamkan ke raksasa Italia, AC Milan. Namun, pemain yang dikenal karena tingkahnya yang sulit diatur tetap tak bisa mengulang kesuksesan seperti sebelumnya. Pada musim panas lalu, ia akhirnya memutuskan pindah ke Nice dengan free transfer.

Di Ligue 1, Prancis, Balotelli akhirnya menemukan kembali performanya. Ia kerap membantu timnya meraih kemenangan sehingga bisa menduduki peringkat tiga Ligue 1, Perancis saat ini. Secara pribadi, Balotelli seperti mulai menemukan kembali cara mencetak gol yang sepertinya sempat ia lupakan saat masih berseragam Liverpool. Sejauh ini, di Liga Prancis penyerang Internasional Prancis itu sudah sukses menciptakan 10 gol untuk timnya di semua kompetisi.

 

  1. Suso

Suso adalah pemain didikan akademi Liverpool yang dibawa Brendan Rodgers ke tim utama pada tahun 2012. Namun, pemain asal Spanyol itu kesulitan mendapatkan kesempatan bermain reguler disana.

Setelah tak masuk dalam rencana Liverpool, Susu kemudian dilepas ke AC Milan pada tahun 2015. Namun, ia tak langsung bisa menembus tim utama Rossoneri sehingga harus menjalani masa peminjaman di Genoa.

Musim ini Suso mampu menunjukkan kemampuannya bersama Milan di bawah asuhan Vincenzo Montella. Pemain berusia 23 tahun tersebut sudah menciptakan 47 peluang gol dalam 27 penampilan dan juga mencetak enam gol termasuk sepasang gol ke gawang klub rival sekota Inter Milan.

 

  1. Iago Aspas

Iago Aspas bergabung dengan Liverpool pada tahun 2013 setelah bermain cukup lama untuk Celta Vigo. Namun, pemain asal Spanyol itu jarang bermain lantaran kalah bersaing dengan duet Luis Suarez dan Daniel Sturridge yang memang tampil tajam.

Setelah cuma mampu mencetak satu gol di Anfield, Aspas kemudian memutuskan kembali ke Spanyol bersama Sevilla. Di klub barunya Aspas belum bisa tampil sesuai yang diharapkan.

Pemain berusia 29 tahun itu akhirnya kembali ke Celta Vigo pada musim 2015/16 dan berhasil menemukan kembali performa terbaiknya. Musim ini ia sudah mencetak 19 gol dari 36 penampilan dan berada di urutan keempat sebagai yang tersubur di La Liga di belakang Lionel Messi, Luis Suarez dan Cristiano Ronaldo dengan 14 gol.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply