Vivagoal.com5 FaktaKepindahan pemain dari satu klub ke klub lainnya dalam sepakbola profesional menjadi hal yang sangat wajar. Karena memang di dunia sepakbola, kita mengenal adanya bursa transfer. Di Eropa, bursa transfer terjadi dua kali dalam semusim, yakni ketika musim panas dan musim dingin datang.

Dalam proses bursa transfer, pemain harus melewati beberapa tahap sebelum dinyatakan resmi bergabung ke klub yang dituju. Salah satunya yang sangat penting adalah proses tes medis. Hal tersebut dilakukan agar pemain tersebut dinyatakan sehat dan layak untuk bermain sepakbola. Tes medis menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam keberhasilan sebuah transfer pemain. Jika hasil tes medis menyatakan tidak bagus, maka kesempatan pemain untuk berganti klub tentu saja akan musnah.

Faktanya, ada beberapa pemain tenar yang nyaris bergabung dengan klub yang diidamkan tapi pada akhirnya gagal karena masalah tes medis ini. Dan berikut ini 5 fakta pemain yang batal pindah klub lantaran gagal tes medis.

 

  1. Victor Valdes

Sebagai penjaga gawang Barcelona selama lebih dari satu dekade, Valdes salah satu aktor penting dalam perjalanan Blaugrana, julukan Barcelona dalam memenangkan 21 gelar juara termasuk tiga gelar UEFA Champions League dan enam gelar La Liga. Dan setelah memutuskan untuk hengkang dari klub yang telah dibelanya selama 12 tahun, Barcelona dengan status bebas transfer, Valdes diminati oleh klub asal Perancis, AS Monaco. Faktanya, impian Valdes untuk bisa bermain bersama klub Ligue 1 tersebut gagal karena tidak lolos dalam tes medis.

Cedera ligamen lutut yang ia derita saat Barcelona melawan Celta Vigo pada Maret 2013 menjadi penyebabnya. Walaupun kemudian Valdes mendapat tawaran dari Louis Van Gaal untuk bergabung dengan Manchester United. Dan sekarang ini, Valdes membela tim promosi Premier League, Middlesbrough

 

  1. Radamel Falcao

Falcao sebelumnya dikenal sebagai penyerang mematikan. Tapi karirnya mulai meredup karena mengalami cedera parah di lutut ketika masih bersama AS Monaco. Saat dipinjamkan ke Manchester United, Falcao gagal bersinar. Di Chelsea musim 2015/2016 pun, Falcao juga tak banyak dimainkan karena pemulihan cedera yang dilakukannya. Falcao hanya bermain dalam 11 pertandingan dengan mengemas satu gol.

Pada bursa transfer bulan Januari kemarin, Falcao punya peluang meninggalkan Stamford Bridge untuk kembali bermain di Spanyol. Atletico Madrid yang punya niat baik untuk menampung Radamel Falcao dari Chelsea, gagal karena pemain 29 tahun tersebut tak lolos tes medis sehingga transfernya gagal.

Kini Falcao sudah kembali menemukan ketajamannya bersama AS Monaco dengan telah mengemas 29 gol di semua kejuaraan yang diikuti klubnya.

 

  1. Gabriel Milito

Bek asal Argentina ini pernah mendapat kesempatan untuk bisa membela Real Madrid pada 2003 silam. Saat itu pemain tersebut masih berstatus sebagai pemain klub Argentina, Independiente. Kedua tim sudah sepakat terkait harga transfer. Milito pun sudah berkemas untuk bisa bergabung ke El Real.

Namun impian Milito untuk bisa bergabung ke Real Madrid gagal karena tes medis menunjukkan Milito adalah pemain yang rentan cedera. Klub memutuskan untuk tidak jadi merekrut Milito.

Impian Milito untuk bisa bermain di La Liga Spanyol akhirnya terwujud empat tahun kemudian, ia mendarat di Nou Camp. Barcelona jadi klub barunya. Namun analisis tim dokter Real Madrid terbukti kebenarannya, Milito gagal bersinar di Nou Camp karena sering bolak balik masuk ruang operasi karena cedera ligamen.

 

  1. John Carew

Penyerang jangkung asal Norwegia ini adalah penyerang yang cukup diperhitungkan pada awal 2000-an. Ia terbilang penyerang yang cukup subur. Menariknya, Carew ternyata pernah dua kali gagal dalam tes medis. Pertama, ia gagal di tes medis saat ia akan membela Fulham pada 2002.

Selang setahun, Inter Milan mencoba menggaetnya. Mahar sebesar 7,5 juta poundsterling sudah disepakati, Carew selangkah lagi akan membela Inter Milan.

Namun sayang kontrak harus dihapus karena hasil tes medis menunjukkan Carew memiliki masalah pada tingkat kebugarannya. Tim dokter Inter Milan saat itu mengatakan bahwa kondisi fisik Carew tidak kompatibel dengan kebutuhan klub.

 

  1. Ruud van Nistelrooy

Eks penyerang Real Madrid ini pernah memiliki karir yang cemerlang bersama Manchester United. Bagi fans Manchester United pasti sudah pernah mendengar cerita bahwa sebelum diterima bergabung ke Manchester United pada 2001, Nistelrooy sempat gagal tes medis di Red Devils.

Eks pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson sangat berhasrat untuk bisa berlabuh ke Old Trafford. Cedera ligamen lutut membuatnya gagal pada tes medis di Old Trafford.

Kubu Manchester United akhirnya putuskan mengembalikan Nistelrooy ke PSV, selang setahun Nistelrooy kembali jalani tes medis di Old Trafford, tes keduanya ini, RvN berhasil dan bermain selama 6 musim di Manchester United.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply