5 Fakta Pembelian Pemain Paling Penting Dalam Tiki Taka Barcelona

0
2621

3. Johan Cruyff

Sosok legendaris asal Belanda, Johan Cruyff, sudah berpulang, beberapa waktu lalu. Ia meninggal pada usia 68 tahun setelah berjuang melawan kanker. Kepergiannya meninggalkan sebuah warisan yang tak ternilai untuk sepak bola dunia, khususnya di Barcelona, peran besar seorang Cruyff lebih kental terasa.

Johan Cruyff merupakan salah satu sosok yang dianggap paling penting dalam sejarah sepakbola menyerang Barcelona. Orang yang menyempurnakan filosofi baru dalam ‘total football’. Dalam karirnya sebagai pemain sepakbola, Cruyff membawa Barca kembali meraih gelar liga untuk pertama kalinya dalam 14 tahun.

Sehingga ia mampu memenangkan tiga penghargaan Ballon d’Or (1971,1973,1974) selama karir gemilangnya tersebut. Dan sebagai pelatih, Cruyff juga mampu membawa El Blaugrana julukan Barcelona merajai Eropa. Tetapi yang lebih penting adalah warisan Cruyff melebihi trofi-trofi tersebut. Ada soal filosofi dan identitas.

Dampak Johan Cruyff di Barcelona tidak dapat digambarkan dan dinarasikan dengan kata-kata. Otak di balik filosofi Tiki Taka Barcelona dan Akademi La Masia. Johan Cruyff bisa dikata hampir sendirian membuat Barcelona dari klub yang sangat bagus menjadi klub hebat seperti sekarang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here