5 Fakta Robby Darwis, Legenda Persib Bandung

1
15944
Robby Darwis Legenda Persib Bandung

Vivagoal 5 Fakta – Sebagai klub besar di Indonesia, Persib Bandung tak pernah kekurangan talenta terbaik. Deretan nama lokal silih berganti menjadi ikon Maung Bandung, termasuk Robby Darwis. 

Robby dikenal sebagai salah satu bek (stopper) tersukes yang pernah dimiliki Maung Bandung. Sosoknya begitu melegenda di tanah Pasundan sebagai palang pintu Persib.

Sesuai dengan posturnya, Robby dijuluki Si Bima karena punya perawakan yang tinggi besar. Lahir di Lembang dan memegang predikat pituin Jawa Barat, sang pemain memenuhi semua aspek sebagai legenda.

Generasi sepuh Bandung tak akan pernah lupa akan sosoknya. Ketika saat ini Persib bermain buruk, maka tak jarang generasi yang menyaksi lintas generasi kedigdayaan Persib berujar “Dulu ada Robby Darwis, si Halik Ku Aing, jangan khawatir dengan lini pertahanan.”

Namanya begitu lekat dengan bobotoh dan Persib. Hingga kini belum ada pemain bertahan Persib sesukses Robby Darwis. Berikut 5 Fakta tentang Robby Darwis, Legenda Persib Bandung.

1. Bakat Robby Ditemukan Marek Janota

Marek Janota Robby Darwis PersibRobby Darwis tak akan jadi legenda Persib andai tak ada Marek Janota. Pelatih Persib asal Polandia era 80-an itulah yang berjasa besar bagi karier Robby, dialah yang menemukan dan mengorbitkan sang pemain.

Pada tahun 1978, Robby muda masih menimba ilmu di SSB Capella, dia pun berkesempatan menjadi salah satu pilar kala klubnya melakukan uji coba bersama Maung Bandung.  Melihat penampilan Robby, Marek kepincut apalagi saat itu Persib sedang membutuhkan pemain jangkung di lini belakang.

“Di Capella, sekitar tahun 1979 ada ujicoba Persib Selection. Waktu itu saya hanya main 45 menit, tapi terus dipanggil Pak Marek dan Pak Obon (Syakban). Katanya Marek saat itu butuh pemain yang posturnya tinggi dan saya kepilih ikut latihan bersama (Persib),” kata Robby dilansir Historia.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here