Roberto Firmino, sang pendatang baru dari Hoffenheim ini berhasil mendobrak Bundesliga sebagai pendatang baru terbaik. Namun sayang, hal tersebut tidak terulang ketika datang ke Liverpool, sempat menjadi penghias bangku cadangan di era Brendan Rodgers, di era Jurgen Klopp dirinya menjadi andalan untuk menjebol gawang lawan. Siapa yang menyangka bahwa seorang dokter gigi menjadi sosok yang menyelamatkan karir Firmino? temukan fakta menarik lainnya hanya di vivagoal.com

infografis roberto firmino

  1. Kariernya diselamatkan Dokter gigi

Roberto Firmino berasal dari Maceio, salah satu kota di Pinggiran Brazil yang mempunyai tingkat kriminalitas yang tingg. Sewaktu kecil ia mencari uang dengan berjualan Kelapa di pantai untuk mennyambung hidup. Bakatnya ditemukan oleh seorang dokter gigi di tim kecil, Clube de Regatas Brasil yang bernama Marcellus Portella. Ketika usianya 15 tahun, sang dokter membawanya untuk trial ke berbagai klub, dan akhirnya berlabuh di Figueirense. Di klub itu ia berkembang hingga berita tentangnya tersiar ke klub Bundesliga, Hoffenheim, yang merekutnya pada 2011.

  1. Liverpool Tak Terkalahkan ketika Firmino Cetak gol!

Selama dua musim berada di Liverpool, seorang Roberto Firmino telah mencetak 17 gol dalam  14 pertandingan. Dan ketika ia mencetak gol, Liverpool hampir dipastikan akan membawa pulang kemenangan. Karena hanya dalam laga melawan Arsenal dan Sunderland di musim lalu mereka pulang dengan hasil imbang ketika sang pemain menjebol gawang lawan. Sebanyak 12 pertandingan sisanya, tiga poin selalu berhasil diraih. Salah satunya adalah partai kandang melawan Manchester United di ajang Europa League.

  1. Belum pernah mengangkat Trofi

Walaupun mempunyai skilll yang mumpuni dan menjadi tulang punggung bagi klub sebesar Liverpool, rupanya seorang Roberto Firmino memang belum bisa dibilang pesepakbola yang berprestasi. Pasalnya, belum ada satu gelar pun yang ia persembahkan bagi klub yang ia bela. Bahkan ia tidak mempunyai pencapaian apapun kecuali sebagai Bundesliga Breakthrough Player of The Year pada musim 2013-2014.

  1. Tidak boleh pindah ke Arsenal

Klausul rilis merupakan hal yang wajar dalam kontrak seorang pemain sepakbola, biasanya klausul tersebut berupa biaya minimal yang harus dibayarkan klub yang meminati si pemain. Namun, Roberto Firmino rupanya mempunyai klausul rilis yang cukup aneh, selain mempunyai minimal harga 98 juta Euro, hanya Arsenal yang tidak dapat menjadi pelabuhan bagi Firmino selanjutnya. Mungkin hal ini dilakukan manajemen Liverpool untuk mengantisipasi  agar sang pemain tidak pindah ke klub “Meriam London” itu

  1. Selebrasi buka jersey

Mencetak gol adalah suatu pencapaian dan selebrasi adalah sesuatu yang sering dilakukan oleh pemain, terutama mereka yang berposisi sebagai seorang penyerang. Roberto Firmino juga mempunyai selebrasi ciri khasnya sendiri, yaitu membuka Jersey. Hal yang telah sering ia lakukan di klub lamanya, Hoffenheim Namun, di Liga Inggris, Firmino tidak bisa melakukan hal tersebut karena ia bisa langsung mendapatkan kartu kuning setelah melakukan hal itu.

Leave a Reply