Vivagoal5 FaktaJika Real Madrid punya Alfredo di Stefano, AC Milan dengan Franco Baresi maka, Manchester United punya Sir Bobby Charlton.

Setiap klub memiliki sosok pemain legendaris yang terus diingat hingga kini. Salah satu sosok pemain legendaris Inggris yang amat tenar dan menjadi pemain legenda di Old Trafford adalah, Sir Bobby Charlton.

Selama berkarir di United, ia telah berjasa membawa tim setan merah meraih banyak gelar. Bukan hanya di level klub saja, ia juga berjasa besar dalam membawa timnas Inggris meraih gelar Piala Dunia di tahun 1966.

Sir Bobby Charlton dikenal sebagai salah satu pemain tengah terbaik sepanjang masa. Ia merupakan pemain tengah yang lengkap karena, ia memiliki insting menyerang yang bagus, kekuatan tendangan yang memukau, serta stamina yang mumpuni.

Sosok Bobby Charlton tetap dihormati hingga kini. Ia bak seorang dewa bagi para Manchunian (Sebutan Supporter MU). Untuk kali ini, Vivagoal akan mengangkat sosok sang legenda dalam 5 fakta Sir Bobby Charlton.

 

  • Korban selamat tragedi Munich

Sir Bobby Charlton menjadi salah satu korban yang selamat dari tragedi kecelakaan pesawat yang menimpa MU di Jerman pada tahun 1956. 20 dari 44 orang yang berada di dalam pesawat tersebut tewas akibat kecelakaan tersebut.

Saat itu, Sir Bobby diselamatkan oleh salah satu pemain MU, Harry Gregg. Akibat kecelekaan tersebut, Sir Bobby menderita luka-luka di daerah kepalanya serta trauma akibat kejadian itu. Ia menjadi yang pertama meninggalkan rumah sakit setelah selesai menjalani perawatan ketimbang para pemain United lainnya.

 

  • Namanya digunakan sebagai nama tribun selatan Old Trafford

Kontribusinya yang besar bagi Manchester United membuatnya menjadi salah satu sosok yang dihormati di Old Trafford. Selain itu, namanya juga digunakan sebagai salah satu nama tribun di Old Trafford yakni, tribun Selatan.

Peresmian nama baru dari tribun Selatan Old Trafford itu dilakukan pada April 2016 kemarin. Tribun selatan bisa dibilang sebagai bagian terpenting dari Old Trafford karena memiliki beberapa spot penting seperti tempat duduk VIP, ruang ganti pemain, tempat diskusi strategi bagi manajer dan tim.

 

  • Bagian dari kelompok Busby Babes

MU tidak hanya terkenal akan angkatan 92 yang berisi pemain-pemain berkualitas yang turut membawa United menjadi raja Eropa di tahun itu. Sebelumnya, sudah ada grup Busby Babes atau sekumpulan pemain muda berbakat dimana Sir Bobby Charlton termasuk didalamnya.

Nama Busby Babes sendiri menunjuk kepada pemain-pemain yang berada di bawah naungan Matt Busby. Mereka terdiri dari pemain-pemain muda yang direkrut dan dilatih oleh akademi Manchester United.

Sayangnya, tragedi Munich harus merenggut 8 pemain yang termasuk kedalam grup Busby Babes. Beruntung, Sir Bobby termasuk kedalam nama korban yang selamat.

 

  • United Trinity

Sir Bobby Charlton juga termasuk sebagai satu dari 3 pemain yang dijuluki united Trinity bersama Denis Law dan George Best. Bersama kedua pemain lainnya, Sir Bobby diabadikan dalam patung yang terletak di luar stadion Old Trafford.

Alasan kenapa Sir Bobby terpilih sebagai bagian dari United Trinity adalah karena sumbangsihnya terhadap United yang menjadi klub Inggris pertama yang mampu meraih gelar Liga Champion di tahun 1953.

Di patung tersebut, Charlton berada di sisi kanan sambil membawa sebuah bola sedangkan George Best berada di kiri dan Denis Law di tengah.

 

  • Ranking 4 pemain MU terhebat sepanjang masa

Lewat sebuah voting yang dilakukan oleh Inside United dan ManUtd.com, Sir Bobby Charlton menduduki peringkat ke-4 dalam daftar pemain terhebat United untuk sepanjang masa. Ia kalah dari Ryan Giggs, Eric Cantona dan George Best.

Ryan Giggs menduduki peringkat pertama selaku pemain terhebat MU sepanjang masa menurut para pembaca.

Selalu update 5 fakta terbaru sepakbola, highlights dan berita bola hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply