Vivagoal5 FaktaLaga Piala Super Eropa antara Madrid kontra MU akan menggunakan Stadion Philip II Arena sebagai venue pertandingan tersebut. Meski belum dikenal, stadion ini menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk diungkap.

Stadion Philip II Arena terletak di Makedonia. Stadion yang merupakan kandang dari FK Vardar dan FK Rabotnicki ini berkapasitas 33.460 penonton.

Pada 30 Juni 2015, UEFA memutuskan untuk menggunakan Stadion Philip II sebagai venue dari pertandingan Piala Super Eropa 2017.

Stadion ini akan menjadi saksi bisu dari lahirnya juara Piala Super Eropa 2017 dimana, Real Madrid sebagai juara Liga Champion akan berhadapan dengan Manchester United sebagai juara Liga Europa.

Dari berbagai fakta yang ada, Vivagoal telah merangkum 5 fakta menarik mengenai stadion yang juga disebut sebagai Telekom Arena dan berikut 5 fakta stadion Philip II Arena versi Vivagoal.

 

1. Stadion multifungsi

Stadion Philip II Arena tidak hanya digunakan untuk menggelar pertandingan sepakbola saja. Stadion yang terletak di kota Skopje ini juga digunakan untuk beberapa keperluan. Stadion ini dikenal sebagai rumah dari tim nasional Makedonia.

Pertama, stadion ini juga digunakan untuk menggelar konser musik. Ada beberapa artis tenar yang pernah menggelar konser mereka di stadion ini seperti Pink dan Carlos Santana.

Selain sebagai venue konser musik, Stadion Philip II Arena juga digunakan untuk event lainnya karena kapasitas stadion yang besar.

 

2. Mengalami beberapa kali pemugaran

Stadion ini beberapa kali mengalami pemugaran. Dibangun pada tahun 1947, stadion ini awalnya menyerupai sebuah mangkok besar yang tidak tertutupi. Karena itu, stadion ini akhirnya dipugar guna mendapatkan fitur-fitur baru.

Pemugaran pertama berjalan pada tahun 1978. Kala itu, stadion Philip II Arena mengalami perubahan pada bagian selatan.

Pemugaran kedua terjadi pada bagian utara. Hal ini terjadi pada tahun 2008 hingga tahun 2013 dimana, pembangunan tersebut dimaksudkan untuk membuat muka yang baru untuk stadion tersebut. Perubahan ini dilakukan untuk menambah track lari untuk atletis, pemugaran bagian selatan, dan beberapa bagian lainnya.

 

3. Banyak fasilitas di dekat stadion

Ada banyak fasilitas umum yang dibangun dekat stadion tersebut. Dibangun dekat sungai Vardar, stadion ini dikelilingi oleh taman, fasilitas olahraga lainnya, perumahan, kebun binatang lokal serta gedung-gedung instansi pemerintahan.

Selain itu, stadion ini juga dekat dengan daerah Debar Maalo yang dikenal sebagai salah satu daerah populer di sana. Daerah ini dikenal sebagai tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama.

Karena lokasinya yang strategis, ada banyak fasilitas umum yang dibangun seperti banyak hotel yang dibangun disana serta beberapa fasilitas umum lainnya yang dapat membantu kebutuhan para penonton untuk mendapatkan akomodasi dan hal lainnya jika mereka hendak menonton pertandingan di stadion itu.

 

4. Masuk 10 besar stadion terbesar di Dataran Balkan

Pihak stadion Philip II Arena pantas berbangga karena, stadion ini masuk kedalam 10 besar stadion terbesar di stadion Balkan seperti dilansir dari situs resmi FK Vardar. Dengan kapasitas stadion yang mampu menampung hingga 33.460 penonton, stadion ini memang termasuk yang besar.

Stadion ini memiliki ukuran 105 x 68 meter. Dengan daerah yang luas, stadion ini mencakup berbagai macam fitur mulai dari track lari untuk cabang olahraga atletis dan 2 layar LED raksasa berukuran 18 x 6 meter.

Untuk bangku stadion sendiri, 33.460 kursi penonton terbagi menjadi 3 bagian. Pertama, bagian VIP memiliki kapasitas 494 kursi, 386 kursi untuk awak media, dan sisanya untuk penonton.

80 persen dari stadion tersebut tertutupi oleh kubah penutup untuk mengantisipasi masalah cuaca hujan dan hal lainnya yang bisa mengganggu jalannya pertandingan.

 

5. Pernah digunakan untuk beberapa laga penting

Meski digunakan sebagai kandang dari FC Vardar dan FC Rabotnicki, stadion ini juga pernah digunakan untuk melangsungkan beberapa pertandingan penting yang menyita perhatian penonton.

Selain laga Piala Super Eropa, stadion ini digunakan untuk melangsungkan laga kualifikasi Piala Dunia antara Makedonia dan beberapa negara Eropa seperti Spanyol dan Italia.

Salah satu laga terseru yang membuat stadion ini penuh terjadi pada laga FC Vardar kontra FC Bate Borisov dalam laga kualifikasi Liga Champion di tahun 2012 kemarin.

Selalu update 5 fakta terbaru sepakbola, highlights dan berita bola hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply