Vivagoal5 FaktaRonald Koeman, Roberto Carlos, Zlatan Ibrahimovic, hingga Cristiano Ronaldo dikenal mempunyai tendangan yang super keras di eranya masing-masing. Saking Derasnya laju si kulit bundar yang melesat dari sepakan kaki pemain-pemain bintang ini sering dianggap seperti anak panah yang sulit ditepis oleh para penjaga gawang tim lawan.

Tendangan Roberto Carlos yang pernah bersarang ke gawang timnas Perancis yang kala itu masih dikawal oleh kiper Fabian Barthez pada Piala Konfederasi 1997 melaju mulus masuk ke gawang dan tercatat memiliki kecepatan hingga 138 km/jam. Namun ternyata, Ibrahimovic pun pernah melepaskan tendangan yang lebih cepat, yakni sekitar 150 km/jam saat berhasil mencetak gol ke gawang Anderlecht dalam sebuah laga Liga Champions. Lalu siapa saja pemain-pemain yang tercatat memiliki tendangan dengan kecepatan tinggi di dunia? Faktanya, ternyata tidak selamanya milik pemain bintang yang bermain di kompetisi kasta tertinggi. Tapi yang pasti, tendangan geledek tidak lahir begitu saja, tapi berkat teknik tinggi dan latihan yang prima yang dilakukan oleh pemain.

Dan berikut lima fakta tendangan tercepat yang pernah terekam dalam sejarah sepak bola dunia:

 

  1. David Hirst

Fakta yang pertama dimiliki oleh David Hirst, pemain dari klub Sheffield Wednesday. Kala itu, Sheffield Wednesday berkunjung ke kandang Arsenal, Stadion Highbury, melakoni pertandingan Liga Inggris musim 1996/97. Saat posisi sudah 1-0 untuk kemenangan Sheffield, David Hirst melepaskan tendangan yang cukup keras dan mengarah ke gawang Arsenal. Sayangnya, sepakannya membentur mistar gawang Arsenal. David Hirst terlihat menyesali kejadian tersebut, padahal, kalau masuk, Sheffield bisa saja makin jauh unggul atas Arsenal, dengan skor 2-0.

Faktanya, tendangan Hirst tersebut ternyata pernah tercatat sebagai salah satu tendangan tercepat di dunia sepak bola. Tercatat, kecepatan tendangan Hirst saat itu mencapai 183,4 km/jam. Bahkan mantan Manager Manchester United, Sir Alex Ferguson kabarnya pernah tertarik merekrut Hirst. Walaupun akhirnya, Ferguson kemudian mengalihkan bidikannya ke Eric Cantona.

 

  1. Ronald Koeman

Mantan pemain legendaris FC Barcelona yang sekarang menukangi klub liga Inggris, Everton, Ronald Koeman, saat masih sebagai pemain cukup dikenal sebagai salah satu bek terbaik dunia dengan keahliannya mencetak gol dari tendangan bebas. Keberhasilan Koeman mencetak gol dari tendangan bebas, tidak lepas dari ciri khasnya yang memiliki tendangan super keras yang sering jadi senjata andalannya.

Satu waktu, Koeman pernah menunjukan kelihaiannya di partai final Liga Champions musim 1992 kala Barcelona berjumpa Sampdoria. Pria asal Belanda ini berhasil menciptakan gol lewat sebuah freekick yang faktanya tercatat memiliki kecepatan 188 km/jam. Barcelona saat itu berhasil merengkuh gelar juara Liga Champions untuk pertama kalinya.

 

  1. Steven Reid

Fakta tendangan tercepat berikutnya lahir dari kaki Steven Reid, Gelandang klub Blackburn Rovers. Mantan pemain timnas Republik Irlandia ini berhasil mencatatkan namanya di papan skor dengan sebuah tendangan yang tercatat memiliki kecepatan hingga 189 km/jam saat Blackburn bertemu Wigan Athletic di Premier League.

Saking cepatnya tendangan tersebut, para suporter saat itu membuat meme soal tendangan Reid. Steven Reid diketahui juga pernah bermain di klub Burnley.

 

  1. Arjen Robben

Arjen Robben merupakan salah satu pemain yang sering membuat gol-gol spektakuler melalui sepakan kaki kirinya. Arjen Robben memang diketahui memiliki kaki kiri yang cukup mematikan. Robben memang bisa dianggap sebagai salah satu pemain kidal terbaik yang ada sekarang ini. Robben hampir tak tergantikan di posisinya baik sebagai gelandang sayap kiri maupun sebagai penyerang yang diposisikan di kanan pertahanan lawan. Tusukan dan kecepatannya kerap membahayakan tim yang jadi lawan FC Hollywood, Bayern Muenchen.

Faktanya, salah satu gol yang pernah dilesakkan Robben dan masuk dalam buku sejarah sepakbola adalah sewaktu dirinya masih bermain untuk raksasa Spanyol, Real Madrid. Gol yang dicetak lagi-lagi melalui sepakan keras kaki kirinya mendarat mulus ke jala gawang dari Borrusia Dortmund dengan mencapai kecepatan rata-rata 190 km/jam.

 

  1. Ronny Heberson

Fakta terakhir dari lima fakta tendangan tercepat yang pernah terekam adalah milik Rony Heberson. Jika Anda sedang membuka channel Youtube, tak ada salahnya jika anda mencoba search ‘Ronny Heberson’, kemudian klik video yang berjudul Ronny’s Thunder Shot. Tayangan yang ada dalam video tersebut, adalah tendangan super keras dari Ronny yang terekam mencapai kecepatan 210,8 km/jam. Ada 1,3 juta lebih pengguna internet yang telah melihat videonya.

Heberson saat ini masih berkostum klub Hertha Berlin, Jerman dengan berposisi sebagai Bek. Heberson hingga saat ini masih tercatat menjadi pemain dengan tendangan paling keras yang ada di sepak bola.

Leave a Reply