1. Dijuluki sebagai orang yang pendiam dan kalem

Fans Barca punya beberapa julukan untuk Iniesta. Diantaranya, The Silent Hero (Pahlawan yang tak banyak bicara) dan The Choir Boy karena sikapnya yang sportif, tidak emosian dan wajahnya yang boyish, tipikal pemuda anggota paduan suara. Iniesta bukan tipe pemain yang suka pamer atau berlama-lama dengan bola, ia pemain yang efektif karena hampir selalu tahu kapan harus menahan bola dan kapan harus memberikan atau mengumpan bola. Tak pelak lagi, pemain timnas Spanyol ini merupakan tipikal pemain tim, rela melakukan apa saja demi kepentingan tim.

 

2. Pecinta film Captain Tsubasa

Andres Iniesta adalah pemain sepakbola yang lahir di desa kecil di provinsi Albacete, pada 11 Mei 1984. Pemain yang bernomor punggung 8 di Barcelona ini adalah sosok penting bagi timnya. Iniesta melakukan debutnya di tim senior Barcelona saat kepelatihan Louis van Gaal pada tanggal 29 Oktober 2002 saat melawan klub asal Belgia, Club Brugge di Liga Champion. Legenda Barcelona ini sangat menyukai film kartun asal Jepang, Captain Tsubasa. Media Spanyol menangkap beberapa gambar Iniesta memakai Jersey Tsubasa.

 

3. Diam menakutkan, bergerak mematikan

Iniesta merupakan pemain sepak bola dengan bakat natural. Passing yang istimewa serta keahlian menggiring yang sempurna menjadikan dirinya sebagai pemain dengan gerakan yang mematikan. Gerakan itulah yang mengawali terjadinya gol-gol indah yang diselesaikan secara sempurna oleh rekan setimnya. Berkat Iniesta lah pemain terkenal seperti Lionel Messi, Ronaldinho, dan Samuel Eto’o bisa mencetak gol yang indah. Jangan ditanya deh soal prestasinya bersama tim Barcelona atau timnas Spanyol. Gelar Juara La Liga dan juara Liga Champion udah pernah dirasakannya bersama klub Barcelona. Iniesta bahkan sempat mencicipi gelar juara dunia bersama timnas Spanyol setelah menang melawan Belanda di final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Iniesta juga sempat memenangkan penghargaan pemain terbaik Eropa di tahun 2012. Dia juga terpilih sebagai pemain terbaik Liga Champion musim 2011-2012.

 

4. Pada usia mudanya, Iniesta hampir bermain untuk Real Madrid

Ketika berusia 12 tahun, Andres Iniesta hampir masuk pada tahapan seleksi skuad muda klub Real Madrid. Hanya saja ayahnya kurang menyukai lingkungan latihan yang dianggapnya sangat rawan. Oleh karenanya Andres Iniesta muda terpaksa pindah ke klub Barcelona. Berbekal kemampuannya yang luar biasa, maka Andres Iniesta muda berhasil diterima sebagai tim yunior Barca.

 

5. Setia dengan Barcelona

Sebagai pemain yang dikenal sebagai setia dengan klubnya, Andres Iniesta pernah mendapat godaan untuk hengkang. Pada akhir musim 2008, Real Madrid berencana untuk mendatangkan ke Santiago Bernabeu dengan nilai kontrak yang menggiurkan. Tapi ia menolak tawaran tersebut dan memperpanjang kontraknya bersama ‘Barca’ sampai 2014 saat itu. Ia menyatakan ingin PENSIUN di ‘Barca’.

Leave a Reply