Vivagoal.com5 FaktaKinerja buruk Arsene Wenger bersama Arsenal musim ini mendapat sorotan dari hampir semua fans dan suporter The Gunners. Tak sedikit fans yang menuntutnya mundur. Mereka kecewa karena Wenger tak juga memberikan gelar Liga Inggris dan Liga Champions lebih dari satu dekade terakhir.

Sejumlah nama telah dikaitkan akan mengisi pos di Emirates Stadium musim depan. Seperti Massimilliano Allegri, Eddie Howe, hingga Luis Enrique.

Arsene Wenger sebagaimana diketahui telah melatih Arsenal selama dua dekade, tepatnya 22 September 1996. Wenger datang saat Arsenal sedang mencari manajer baru setelah George Graham, yang sudah menjadi bos di Highury selama hampir sembilan tahun, dipecat akibat skandal.

Kehadirannya sangat mengejutkan karena nama mendiang Johan Cruyff menjadi favorit untuk melanjutkan warisan kesuksesan Graham, yang membawa Arsenal meraih dua gelar First Division (yang mulai Februari 1992 berubah menjadi Premier League) pada 1988-89 dan 1990-91 serta dua Piala Liga (1986-87, 1992-93) dan Piala FA (1992-93). Maka, tak heran bila saat perkenalan dirinya, para suporter, pemain dan media lokal sangat tidak antusias.

Dan untuk mengetahui lebih jauh mengenai Sang Profesor ini, berikut 5 fakta tentang seorang Arsene Wenger:

 

  1. Arsene Wenger adalah Pemain sepak bola klub amatir.

Bagi banyak orang, Arsene Wenger merupakan pelatih bertangan dingin yang cukup berhasil membawa salah satu tim besar liga Inggris, Arsenal meraih beberapa gelar juara beberapa tahun lalu. Tapi mungkin tidak banyak orang yang tahu jika sebelum menjadi pelatih, hampir di seluruh masa karirnya sebagai pemain sepak bola, Arsene Wenger bermain untuk tim-tim amatir.

Wenger sempat bermain di tim level tiga, Mutzig. Di tim amatir tersebut Wenger dekat dengan pelatih Max Hild yang kemudian selalu membawa Wenger kemanapun dia pindah klub. Dan selama berkarir sebagai pemain, Wenger selalu diposisikan sebagai seorang bek tengah. Baru di 3 tahun terakhir masa karir profesionalnya, Wenger bermain untuk klub profesional, RC Strasbourg, Perancis.

 

  1. Arsene Wenger Menjadi Pelatih Pertama dari luar Inggris Raya yang sukses merengkuh gelar Premier League

Arsene Wenger sudah banyak meraih trofi dalam karirnya melatih Arsenal. Tercatat Wenger sudah mengoleksi 3 gelar Liga Inggris musim 1997-1998, 2001-2002, 2003-2004.

juara FA Cup sebanyak empat kali yaitu pada 1997-1998, 2001-2002, 2002-2003, 2004-2005, Dan FA Community Shield juga sebanyak empat kali, tepatnya pada tahun 1998, 1999, 2002, 2004.

Faktanya, walaupun pencapaian gelar Wenger di Arsenal terdengar sedikit mengingat sang Profesor sudah di Arsenal selama 20-an tahun, kontras dengan perolehan trofi Sir Alex Ferguson yang 27 tahun melatih Manchester United dan meraih 13 trofi Premier League. Namun, hal yang bisa dibanggakan dari seorang Arsene Wenger yakni dirinya menjadi pelatih pertama dari luar Inggris Raya (Inggris, Skotlandia, Wales) yang berhasil mempersembahkan gelar Liga Inggris.

 

  1. Satu-satunya Pelatih di Dunia Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Asteroid di Luar Angkasa

Nama Arsene Wenger beberapa waktu lalu diabadikan menjadi nama sebuah asteroid (benda di langit, anggota tata surya). Hal itu bisa terjadi setelah seorang ahli astronomi, Ian Griffin menemukan sebuah sabuk asteroid pada tahun 1998. Kebetulannya, Griffin ini merupakan seorang penggemar fanatik dari pelatih Arsenal tersebut.

Sejarahnya, pada tanggal 21 November 2007, International Astronomical Union mengumumkan kepada Griffin jika dirinya berhak atas temuan sabuk asteroid saat dirinya masih bekerja sebagai seorang astronom pada tahun 1998. Saat itu, Griffin yang kegirangan diberi kepercayaan menamai sebuah Asteroid tak banyak berpikir, yang ada di pikirannya saat itu adalah, pelatih kesayangannya, Arsene Wenger, sosok yang dianggapnya sudah membawa sepakbola ke level terbaru. Maka diputuskanlah nama Asteroid temuan Griffin tersebut dengan nama 33179Arsènewenger.

 

  1. Mampu berbicara dalam 6 bahasa

Karir sebagai Manager Sepakbola Wenger memang tak seharum karirnya di dunia akademisi. Wenger berhasil menamatkan tingkat strata satu pada fakultas teknik dan mengambil derajat master di bidang ilmu ekonomi dari Universitas Strasbourg.

Dengan kemampuan akademis nya juga, membuat Wenger mampu dengan cepat menguasai hingga enam bahasa asing. Selain bahasa ibunya, Prancis, Wenger juga fasih berbicara dalam bahasa Alsatian, Jerman, Inggris. Italia, Spanyol, dan Jepang.

 

  1. Janji akan pensiun setelah 5 tahun melatih Arsenal

Saat pertama kali di kontrak oleh manajemen Arsenal pada 28 September 1996, Wenger pernah berjanji kepada mantan istrinya, Annie Brosterhous, bahwa dirinya akan pensiun setelah 5 tahun melatih tim meriam London tersebut.

Faktanya, janji tinggallah janji. Dari tahun 1996 hingga tahun 2017 ini, Arsene Wenger masih kokoh berada di tampuk kepelatihan Arsenal. Hingga tersebar isu jika kesibukannya mengurus Arsenal lah yang telah membuat Wenger dan istrinya bercerai pada tahun 2015 lalu.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply