Vivagoal.com5 FaktaBanyak pelatih maupun pencinta sepakbola menyebut Gabriel Jesus sebagai “New Neymar.” Namun, bagi legenda sepakbola Brasil, Ronaldo, melihat Gabriel Jesus justru amat mirip dengan dirinya kala masih aktif bermain sepakbola.

Siapakah Gabriel Jesus? Well, mungkin belum banyak yang tahu tentang Striker Manchester City yang dibeli dari Palmeiras pada musim panas 2016 kemarin dengan biaya 27 juta poundsterling atau setara dengan Rp.445 miliar, dengan durasi kontrak hingga 2021.

Gabriel Jesus saat ini baru berusia 19 tahun. Ia merupakan wonderkid yang mencuat dari dunia persepakbolaan Brasil dan seperti kebanyakan pemain berbakat Brasil lainnya, Jesus dianggap mempunyai skill yang bisa mengundang decak kagum.

Lahir di kota Sao Paulo, Brasil, pada 3 April 1997, Gabriel mengawali karir sepakbolanya di klub lokal daerahnya, Associação Atlética Anhanguera. Bersama Anhanguera, Gabriel mencetak 29 gol, menjadikan dirinya sebagai top scorer ajang Copa Sao Paulo U-15.

Baru kemudian, pada tahun 2013, Gabriel bergabung dengan tim junior Palmeiras. Di Palmeiras lah nama Gabriel Jesus mulai meningkat. Gabriel diketahui memiliki torehan yang cukup impresif selama memperkuat tim junior Palmeiras. Dari 48 kali bermain, Gabriel sukses mencetak 54 gol.

Gabriel Jesus resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Manchester City pada Kamis (19/1/2016). Kehadiran Jesus tentunya diharapkan akan menambah daya gedor Manchester biru. Maklum, grafik City memang sedang naik-turun di beberapa laga terakhir.

Jika menilik sepak terjangnya, Gabriel Jesus bisa dikatakan sebagai pemuda dengan catatan prestasi yang cukup baik. Dia pernah mengantar Brasil meraih medali emas cabang olahraga sepakbola pria di Olimpiade Rio 2016. Untuk level klub, Jesus juga berjasa mengantarkan Palmeiras menjadi juara Campeonato Brasileiro 2016. Pada kompetisi tersebut, Jesus sukses mencetak 12 gol.

Dan berikut ini adalah sejumlah fakta menarik Gabriel Jesus yang dihimpun Opta:

 

  1. Total 16 gol dilesakkan oleh Gabriel Jesus sejak melakoni debut pertamanya di Campeonato

Brasileiro pada periode Mei 2015. 12 gol diantaranya dicetak saat musim 2016. Di Kejuaraan Campeonato Brasileiro tersebut, hanya ada lima pemain yang mencetak gol lebih banyak dari Jesus.

 

  1. Selama Jesus dimainkan, Palmeiras memenangi 53 persen dari total keseluruhan laganya kejuaraan Campeonato Brasileiro. Adapun ketika dia absen, persentase kemenangan Palmeiras jadi hanya 48 persen.

 

  1. Secara rata-rata, Gabriel Jesus selalu terlibat dalam proses penciptaan satu gol, baik untuk mencetak gol atau mengkreasi assist, di setiap 150,8 menit sepanjang karirnya ajang Campeonato Brasileiro.

 

  1. Gabriel Jesus menjadi pemain Brasil ke-10 yang tampil untuk Manchester City di kancah English Premier League. Dan Jesus tercatat sebagai pemain Brasil ke-65 yang mengadu nasib di Premier League.

 

  1. Menghidupkan Kembali Nama Besar Palmeiras.

Palmeiras tidak hanya jadi salah satu klub terbesar di Sao Paulo, namun juga merupakan tim paling sukses dalam sejarah liga sepakbola Brazil dengan torehan sembilan gelar. Akan tetapi, sebelum talenta seorang Gabriel Jesus menyinari klub peraih juara Serie A Liga Brasil, Palmeiran belum pernah lagi mengangkat piala sejak tahun 1994.

Dan dengan dasar performa tajam sang penyerang baru City ini yang juga berhasil mempersembahkan trofi Copa de Brasil bagi Palmeiras pada musim 2015 kemarin, Gabriel Jesus juga terpilih sebagai ‘Pendatang Baru Terbaik’ yang di sepakbola Brazil merupakan salah satu penghargaan prestisius.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply