Vivagoal.com5 Fakta – Liverpool mendapatkan pemain baru meski saat itu bursa transfer musim panas belum resmi dibuka. Dia adalah winger asal Senegal, Sadio Mane, yang didatangkan dari Southampton.

The Reds tidak mengumumkan berapa lama Sane dikontrak, namun kabarnya ia akan menghuni Anfield selama lima tahun ke depan. Mane sendiri menjadi rekrutan keempat Liverpool di era Jurgen Klopp setelah mendatangkan Loris Karius, Joel Matip dan Marko Grujic.

Liverpool membuat keputusan bagus dengan membeli Sadio Mane dari Southampton. Biaya 33 juta pound tidak terasa seperti kesia-siaan karena Mane langsung membawa perubahan dalam permainan The Reds.

Kecepatan larinya baik bersama bola atau tanpa bola di sisi kanan memberikan dimensi serangan berbeda ketimbang Liverpool musim lalu. Ketika Mane bermain, terlihat Si Merah seperti selalu punya jalan buat mengancam pertahanan lawan.

Tak cuma kemampuan ofensif, Mane juga berkontribusi besar pada aspek defensif tim. Jumlah tekel dan intersepnya tidak kalah dari pemain yang memang punya tugas buat bertahan.

Lantas, bagaimana dengan latar belakang mengenai seorang Sadio Mane? Berikut ini 5 fakta yang tentang Sadio Mane, si calon bintang Anfield.

  1. Sadio Mane Pemegang Rekor Hattrick Tercepat Di Premier League

Mencetak hat-trick dalam satu pertandingan bukanlah hal yang asing, mencetak trigol dalam satu babak pun pernah terjadi. Namun, jika trigol dibukukan dalam waktu tiga menit, hal tersebut tentunya merupakan sebuah pencapaian luar biasa.

Hal inilah yang dilakukan oleh eks pemain sayap Southampton asal Senegal, Sadio Mane, dalam pertandingan menghadapi Aston Villa dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (16/5). Tidak tanggung-tanggung, Golnya di menit ke 13,14 dan 15. total Mane hanya butuh waktu 2 menit dan 56 detik untuk mencetak Hattrick tersebut.

Trigol Mane dalam 2 menit 56 detik berhasil memecahkan rekor Robbie Fowler sebagai yang tercepat sepanjang sejarah Liga Primer. Mantan striker Liverpool itu membutuhkan waktu 4 menit 33 detik untuk membobol gawang Arsenal di awal musim 1994/95.

  1. Sadio Mane Pemegang Rekor Transfer Pemain Afrika

Sadio Mane resmi menjadi pemain termahal Afrika setelah diboyong Liverpool dari Southampton pada awal musim ini. Untuk memboyong Mane, Liverpool harus merogoh kocek cukup dalam yaitu sebanyak 40,81 juta euro.

Keputusan Liverpool untuk merekrut Sadio Mane terbukti tepat. Mane langsung jadi pilihan utama Jurgen Klopp. Oleh manajer asal Jerman itu, Mane berperan sebagai trisula di lini depan bersama Roberto Firmino, dan Philippe Coutinho. Di Liga Inggris, Mane pun cukup produktif dengan mencetak 13 gol dari 27 pertandingan.

  1. Sadio Mane Seorang Muslim Yang Taat Anak dari Imam Mesjid

Di luar kehebatannya di lapangan hijau, tak banyak yang tahu jika Mane sebenarnya merupakan seorang Muslim yang taat. Pemain 24 tahun ini merupakan anak dari imam masjid di Bambali, desa kecil di wilayah selatan Senegal.

Dia dibesarkan di keluarga yang religius dan taat menjalankan perintah agama. Mane sangat menghormati segala larangan dan perintah dalam Islam dan selalu menjalani salat lima waktu sehari. Sadio Mane juga tak pernah menyentuh alkohol, karena menurutnya, agama merupakan satu hal yang paling penting dalam hidup dirinya dan keluarga.

  1. Sadio Mane Pernah Mencetak 4 Gol Ke Gawang Liverpool

Fans Liverpool tidak asing dengan Sadio Mane, pemain yang telah mencetak empat gol dalam tiga penampilan saat melawan klub barunya, Liverpool. Ada cerita menarik antara Mane dengan Klopp.

Saat masih membela Southampton, Mane kerap menjadi momok bagi pelatih asal Jerman itu. Dari tiga pertemuan antara Southampton dangan Liverpool asuhan Klopp, Mane selalu berhasil mencetak gol. Total empat gol dibuatnya ke gawang The Reds. Ketajaman Mane jugalah yang membuat Klopp memutuskan merekrutnya musim panas lalu. Ia ingin menjadikan momoknya itu sebagai kawan.

Hal yang paling diingat oleh Klopp, kala Sadio Mane menjadi momok bagi Liverpool, 20 Maret 2016. Tertinggal dua gol di babak pertama, Mane masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua, mencetak dua gol dan membantu terciptanya gol ketiga, membuat Southampton berbalik menang 3-2 di akhir laga.

  1. Sadio Mane Sempat Ditolak Liverpool Sebelum Ke Southampton Karena Aplikasi Komputer

Sebelum bergabung di Southampton, Sadio Mane sebenarnya sudah diminati oleh Liverpool. Dan oleh Pakar sepakbola Jerman, Raphael Honigsteim, fakta itu akhirnya diungkap. Klub Sadio Mane, Red Bull Salzburg sebenarnya menawarkan Mane pada the Reds. Tapi, waktu itu manajemen Liverpool menolak, karena analis internal mereka menyatakan Mane tidak memiliki kualitas yang setara dengan bandrolnya.

Diungkap oleh Honigsteim, hasil analisa yang menjadi dasar penolakan, ternyata merujuk pada perhitungan komputer. Piranti lunak yang digunakan Liverpool, menyatakan Mane bukan pemain yang bagus. Hal itu dianggap konyol, jika dibandingkan dengan kondisi para pemain Liverpool sekarang.

Jika pemain seperti Mane dianggap tidak bagus, semestinya Anfield berisi para pemain luar biasa, yang lolos dari perhitungan komputer Liverpool. Christian Benteke dibeli dengan harga lebih dari £32 juta, atau tiga kali lipat harga Mane, tapi dalam kenyataan tidak lebih baik performanya.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply