5 Klub Terkaya di Dunia, Catat Daftarnya!

0
190
Klub Terkaya di Dunia

Vivagoal – 5 Fakta – Sepak bola menjadi olahraga terfavorit di seluruh jagat raya. Tak ayal bila beberapa klub mendapatkan keuntungan besar dan menjelma jadi klub terkaya di dunia.

Tahun 2020 ini Barcelona berhasil menggeser rival mereka, Real Madrid, dari urutan pertama klub terkaya di dunia.

Dengan banyaknya penggemar, sepak bola jelas bukan sembarang bisnis. Bahkan hampir di seluruh negara, si kulit bundar mampu menjadi magnet tersendiri.

Situasi ini lantas menjadikan sepak bola sebagai salah satu industri dengan perputaran uang tak terkira. Khususnya di Eropa, dimana sepak bola dikelola dengan profesional, deretan klub-klub elit mampu mendatangkan pundi-pundi yang sangat besar.

Dilansir Deloitte Football Money League, tahun 2020 Barcelona berhasil menempati posisi pertama sebagai tim terkaya di dunia. Hal itu dikarenakan tahun ini Blaugrana mendapatkan kenaikan 21 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Namun bukan Barcelona saja yang mendapatkan keuntungan signifikan tahun ini. salah satu raksasa Ligue 1 Prancis pun merangsak naik jadi salah satu klub terkaya di dunia. Berikut inilah lima tim elit yang menjadi klub terkaya di dunia untuk tahun 2020 :

1. Barcelona

BarcelonaKlub terkaya di dunia yang pertama adalah Barcelona. Klub asal Catalunya tersebut memiliki total kekayaaan mencapai 3,6 miliar euro atau sekitar 57 triliun rupiah pada 2020 ini. 

 Blaugrana dikabarkan berhasil mendapatkan pendapatan sebesar 840,8 juta euro atau setara dengan 12,8 Triliun rupiah. 

Pendapatan ini menunjukkan kenaikan 21,78 persen dibanding musim 2017/18. Dimana saat itu mereka hanya mendapatkan keuntungan 690,4 juta euro saja.


Baca Juga: 


Sponsor juga berperan penting dari segi pendapatan klub. Barcelona  mendapatkan dana tambahan senilai 220 juta euro dari sponsor mereka,  Rakuten.

Sementara itu, hak siar Barcelona sendiri hampir menembus 223 juta euro musim ini. Blaugrana juga mendapatkan dana senilai 144,8 juta euro dari tiap pertandingan yang mereka lakoni di Camp Nou.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here