5 Topscorer Sepanjang Sejarah Liga Champions - Vivagoal.com
Topscorer Liga Champions

5 Topscorer Sepanjang Sejarah Liga Champions

Dimas Sembada - February 23, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – 5 Fakta  – Tak terasa Liga Champions 2020/21 sudah memasuki fase 16 besar. Beberapa laga seru bakal tersaji tengah pekan ini.

Sebutlah salah satunya duel Atletico Madrid kontra Chelsea, atau Atalanta yang akan menjamu Real Madrid  di Atleti Azzurri d’Italia.

Vivagoal kali ini tak bakal membahas pertandingan-pertandingan seru tengah pekan nanti. Tapi, kami coba menyajikan fakta soal beberapa pemain yang pernah dan mungkin akan kembali menjadi raja gol di Liga Champions. 

Erling Haaland mencuri perhatian dengan memecahkan berbagai rekor, termasuk memimpin tangga topscore Liga Champions 2020/21 dengan delapan gol. Lantas siapa saja topscorer sepanjang masa Liga Champions sampai hari ini?

Berikut kami sajikan 5 Fakta soal pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions berdasarkan catatan resmi UEFA:

1.Karim Benzema 

Benzema
Foto: Evening Standard

Penyerang asal Prancis, Karim Benzema, bak mesin di Liga Champions. Sepanjang kariernya, Benzema sudah menorehkan 69 gol hingga Liga Champions musim 2020/21. 

Catatan tersebut ditorehkannya dari dua tim berbeda, Olympique Lyon dan Real Madrid. Bersama Lyon, Benzema mencatatkan 12 gol dari 19 penampilan dari periode 2005 hingga 2009.

Hengkang ke El Real, ketajamannya terus terjaga di Liga Champions. Tampil di 12 edisi Liga Champions, Benzema mengemas 57 gol dan 24 assists dari 109 penampilan.

Karenanya, penyerang 33 tahun itu juga berkontribusi atas kesuksesan Real Madrid menggondol empat trofi Liga Champions beruntun sejak musim 2013/14 hingga 2017/18.

2.Raul Gonzales

Raul Gonzalez

Meski sudah pensiun sebagai pemain sepakbola, tapi Raul Gonzalez masih menjadi salah satu dari lima pemain dengan jumlah gol terbanyak di Liga Champions. 

Catatan 71 gol dari 142 penampilan hanya bisa dilampaui oleh beberapa pemain saja. Di masa jayanya, Raul memang jadi andalan Real Madrid di berbagai ajang termasuk Liga Champions. 



Baca Juga:


Secara keseluruhan, dia sukses membantu Real Madrid memboyong tiga trofi Si Kuping Besar. Tepatnya pada musim 1997/98, 1999/00 dan 2001/02.

3.Robert Lewandowski

Lewandowski Panggil Aku Lew4ngoalski
Foto: Sky Sports

Robert Lewandowski menjadi salah satu pemain yang bisa menyamai catatan Raul Gonzalez. Hingga menjelang 16 besar Liga Champions 2020/21 leg pertama kontra Lazio, Lewandowski sudah mengemas 71 gol dari 94 penampilan saja. 

Rinciannya, 17 gol diciptakan dari 28 penampilan semasa masih berseragam Borussia Dortmund dan 54 jaringan dari 66 penampilan dicatatkan bersama Bayern Munchen di mana tiga diantaranya diciptakan musim ini. 

Catatan Raul sebelumnya sangat mungkin untuk dilampaui Lewandowski, mengingat masih ada dua leg di babak 16 besar kontra Lazio yang bakal dijalani. Andai lolos ke perempat final pun, pundi-pundi sang pemain bakal terus bertambah mengingat juru gedor asal Polandia itu selalu jadi andalan di lini serang FC Hollywood.

4.Lionel Messi

Murka, Lionel Messi Siap Hancurkan Karier Pihak yang Bocorkan Kontraknya
Foto: Footbal Espana

Catatan gol pemenang enam Ballon d’Or, Lionel Messi, di Liga Champion jadi salah satu yang terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions. Merujuk pada catatan resmi UEFA, Messi sudah menghasilkan 119 gol sepanjang kariernya di Liga Champions termasuk satu gol di laga kontra Paris Saint-Germain di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020/21.

Uniknya, 119 gol ini diciptakan hanya bersama Barcelona. Catatan terbaiknya terjadi pada Liga Champions musim 2011/12, kala itu, La Pulga berhasil mengemas 14 gol dari 11 penampilan. Di mana dia menjadi satu-satunya pemain yang bisa mengemas lebih dari 100 gol di Liga Champions hanya dengan satu tim saja. 


Baca Juga: 


Catatan gol Messi ini masih bisa bertambah, mengingat Barcelona masih bakal menjalani leg kedua kontra Paris Saint Germain pada Maret mendatang. Tapi demikian, Messi menjalani misi berat usai kalah agregat 4-1.

Comeback bukanlah mustahil, andai bisa membalikan keadaan, kans Messi untuk menambah pundi gol pun terbuka lebar. Messi diyakini masih berambisi untuk menggondol trofi Liga Champions kelimanya.

5.Cristiano Ronaldo

Liga Champions Jadi Penentu Nasib Ronaldo di Juventus
Foto: CBS Sports

Soal siapa yang memegang rekor pencetak gol terbanyak di Liga Champions, Cristiano Ronaldo pemainnya. Pemain asal Portugal tersebut sukses menjaringkan 134 gol dari 175 penampilan. 

Seluruh gol CR7 tersebut diciptakan si pemain dengan membela tiga  klub berbeda. Rinciannya; 15 gol bersama Manchester United, 105 jaringan saat membela Real Madrid dan 14 gol ketika berseragam Juventus. 

Juventus sendiri saat ini berada dalam kondisi tertinggal agregat di 16 besar Liga Champions 2020/21. Menghadapi Porto di leg pertama lalu, Si Nyonya Tua menyerah 2-1. 

Ronaldo sendiri masih punya peluang menambah jumlah golnya sekaligus mengantar Juventus comeback di leg kedua nanti. Di mana Juventus gantian bakal menjamu Porto di Juventus Stadium pada 10 Maret Mendatang.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com