Jumpa Makedonia Utara, Southgate Khwatir?
Sumber: Goal

Coret Maddison, Southgate: Banyak pemain lebih menonjol musim lalu!

Irman Maulana - June 7, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2024 – Manajer Tim Nasional Inggris, Gareth Southgate melontarkan pembelaan tegas terkait dengan keputusannya untuk tidak menyertakan James Maddison hingga Jack Grealish dalam skuad akhir The Three Lions di Euro 2024.

Gareth Southgate sebelumnya telah memanggil 33 nama pemain yang masuk dalam skuad sementara Timnas Inggris untuk Euro 2024. Southgate kemudian harus mencoret tujuh nama untuk kemudian dirampingkan menjadi 26 nama saja.

Jelang fase grup Euro 2024, Inggris terlebih dulu lakoni dua partai pemanasan, yakni hadapi Bosnia Herzegovina dan Islandia. Mereka sukses menang 3-0 atas Bosnia, dan kini tinggal hadapi Islandia akhir pekan nanti.

Jack Grealish: Saingan Inggris Banyak, Tapi yang Terkuat Adalah Brasil
Jack Grealish, Foto: dok sportstars.id

Namun, perampingan skuad Inggris ini rupanya dilakukan oleh Southgate sebelum laga melawan Islandia, Sabtu (8/6) dini hari WIB. Tujuh nama tersebut adalah, Jack Grealish, James Maddison, James Trafford, Jarrel Quansah, Jarrad Brantwaite, Curtis Jones, dan Harry Maguire.

Rasa kecewa lantas menyelimuti, salah satunya pada James Maddison, lewat akun sosial media pribadinya. Namun bintang Tottenham itu mengakui bahwa dirinya memang tampil kurang maksimal terutama usai pulih dari cedera.

“Hancur tidak cukup menggambarkannya. Berlatih dengan baik dan bekerja keras sepanjang minggu. Tetapi jika jujur pada diri sendiri, penampilan saya untuk Spurs saat kembali dari cedera di paruh kedua musim mungkin tidak berada pada level yang saya tetapkan, yang membuat Gareth harus membuat keputusan,” tulis Maddison via Goal.

Southgate pun kemudian buka suara tentang alasan dibalik pencoretan ketujuh nama tersebut. Ia menekankan jika keputusannya itu memang berdasarkan peforma dan kontribusi dari para pemain di sepanjang musim lalu.


Baca Juga:


“Semua pemain menerima kabar tersebut dengan penuh rasa hormat. Tentu saja, semua yakin seharusnya berada di sana, dan itulah mengapa mereka adalah para pemain top,” ujar Southgate dilansir Goal.

“Mereka memiliki kepercayaan diri dan pola pikir seperti itu, tetapi faktanya kami memiliki beberapa pemain yang telah bermain sangat baik sepanjang musim di liga.”

Dibanding Bellingham, Sosok Inggris Lain Bakal Cocok untuk Liverpool
Sumber: Goal

Southgate sendiri mengakui jika pemain seperti Grealish dan Maddison memang bisa memberikan sesuatu pada lini serang Inggris. Tapi sayangnya, pemain lain pun bisa tampil impresif dan lebih menonjol ketimbang kedua pemain.

“Kami hanya merasa para pemain lain memiliki musim yang lebih kuat, terutama dalam enam bulan terakhir ini. Di area penyerangan, khususnya, kami diberkahi dengan banyak opsi, semuanya sedikit berbeda. Madders dan Jack juga memberikan sesuatu yang berbeda kepada kami. (Pencoretan) Mereka merupakan keputusan sulit, tapi telah kami lakukan secara bersama-sama.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2024 hanya di Vivagoal.com