Inggris Swiss
(ANTARA FOTO/REUTERS/Kai Pfaffenbach/rwa via kalteng.antaranews.com)

Southgate Akui Kritikan di Fase Grup Euro 2024 Membebani Inggris

Irman Maulana - July 10, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal –  Euro 2024 – Manajer Tim Nasional Inggris, Gareth Southgate mengakui bahwa berbagai kritikan yang mereka terima cukup memberikan dampak pada anak asuhnya selama menghadapi fase grup Euro 2024 Jerman lalu.

Timnas Inggris menjadi satu diantara tim yang terus mendapat sorotan selama gelaran Euro 2024. Baik para fans maupun pengamat sepakbola serentak melancarkan kritik pada performa Inggris di Jerman.

Walau memiliki sejumlah punggawa top, tapi Inggris tampil kurang maksimal sejak fase grup. Padahal, di atas kertas mereka lebih diunggulan di Grup C, yang diisi oleh Denmark, Serbia, dan Slovenia.

@vivagoalindonesia 𝐇𝐄𝐀𝐃 𝐓𝐎 𝐇𝐄𝐀𝐃 𝐁𝐄𝐋𝐀𝐍𝐃𝐀 𝐕𝐒 𝐈𝐍𝐆𝐆𝐑𝐈𝐒 🔥 Ini perbandingan antara Belanda dan Inggris yang akan berlaga di semifinal Kejuaraan Eropa 2024 dini hari nanti! Sama-sama miliki 7 kemenangan dari rekor pertemuan keduanya, kira-kira siapa yang akan melaku ke babak final? 👇 Follow @mysupersoccer, Home of Soccer Fans in Indonesia #SUPERLIVE #SUPERSOCCER #INIRASANYASUPER #PESTABOLAEROPA #Euro2024 #OlahragaTiktok #Belanda #Inggris#Vivagoal ♬ original sound – vivagoal

Meski begitu, berkali-kali pula The Three Lions dinaungi keberuntungan, serta bisa lepas dari situasi genting. Hasilnya mereka kini sudah menapaki babak semifinal dan hadapi Belanda, Kamis (11/7) dini hari WIB.

Jelang partai berat itu, Gareth Southgate mengakui jika anak asuhnya sedikit terkena dampak dari banyaknya kritikan ketika di fase grup. Tapi, menurut Southgate semua hal perlahan mulai berubah usai laga dramatis melawan Swiss di perempat-final lalu.

“Ada perubahan yang jelas. Saya sangat tertarik (karena) sebagai seorang pelatih, terkadang kamu perlu mengambil langkah mundur dan mengamati. Salah satu kekuatan kami selama tujuh atau delapan tahun terakhir adalah berkurangnya rasa takut dan berkurangnya hambatan,” ujar Southgate dilansir Goal.


Baca Juga:


“Namun saya pikir pada awal turnamen, ekspektasi yang dibebankan cukup berat dan tentu saja, suara dari luar lebih keras daripada sebelumnya. Aku merasa kami tidak bisa menempatkan diri kami di tempat yang tepat dan, pada akhirnya, yang mengesankan adalah bahwa para pemain berjuang keras.

“Mereka mendapatkan hasil yang baik dan menemukan cara untuk menang. Saya merasa hal tersebut berubah setelah kami masuk ke babak sistem gugur dan tentunya di babak perempat final. Menurut saya, kami melihat versi yang lebih baik dari kami saat menguasai bola, lebih bebas.”

Selalu update berita terbaru seputar Euro 2024 hanya di Vivagoal.com