Pangeran Arab
(Photo: AFP PHOTO/FayezNureldine via Liputan6.com)

Kedatangan Direktur Olahraga Baru, Guncang Situasi Internal Newcastle?

Irman Maulana - September 18, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Manajer Newcastle, Eddi Howe dan direktur olahraga baru klub, Paul Mitchell dikabarkan tengah dalam situasi yang kurang harmonis, terutama tentang  pembagian tugas dalam bursa transfer pemain.

Newcastle United digadang bakal kembali menjadi sosok kekuatan besar di Premier League. Hal tersebut muncul pasca The Magpies diakuisi oleh Pangeran Arab Saudi, yang memiliki dana melimpah.

Pada musim perdana Newcastle dalam naungan Public Investment Fund (PIF), mereka sukses merangksek ke papan atas Liga Inggris 2022/23. Namun Newcastle justru mengalami penurunan dengan hanya ada di peringkat ke-7 pada Premier League musim lalu.

Masalah tersebut sedikit banyak dikarenakan oleh krisis cedera pemain, serta sanksi Sandro Tonali. Alhasil, Newcastle awalnya diprediksi bakal merombak skuadnya cukup besar pada bursa musim panas 2024 lalu.

Spurs Newcastle
photo: poskonews.com

Salah satu perubahan lain dalam skuad United adalah penunjukan Paul Mitchell sebagai direktur olahraga baru. Kedatangan Mitchell ini lantas mengubah situasi klub serta memiliki otoritas lebih.

Tapi, dilansir Football Insider, hal tersebut kemudian akan mengurangi keterlibatan Howe dalam bursa pemain di masa depan. Mitchell sebelumnya memang mengkritik bisnis dan strategi transfer Newcastle yang tidak jelas.


Baca Juga:


Mitchell lantas kini telah diberi wewenang oleh klub untuk membuat perubahan menggantikan Dan Ashworth. Mitchell bertanggung jawab atas transfer dan identifikasi pemain potensial bagi skuad Newcastle.

Bukan tugas mudah karena di musim panas 2024 kemarin Newcastle menghadapi ancaman sanksi finansial Premier League. Newcastle perlu adanya pemasukan dengan menjual pemain agar tidak melanggar anturan PSR.

Mereka akhirnya melepas Yankuba Minteh pada Brighton dan Elliot Anderson ke Nottingham. Sementara pemain yang datang bukanlah sosok reputasi tinggi, seperti Lewis Hall, Odysseas Vlachodimos, hingga William Osula.

Masih harus dilihat bagaimana sang manajer Newcastle akan bereaksi terhadap hal ini. Namun yang pasti Howe tentu enggan membiarkan keributan di luar lapangan mempengaruhi hasil mereka di dalam lapangan musim ini.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com