Baru Separuh Musim, Salernitana Terancam Didepak dari Serie A, Kenapa? - Vivagoal.com
Baru Separuh Musim, Salernitana Terancam Didepak dari Serie A
Salernitana, Foto: dok Sport Detik

Baru Separuh Musim, Salernitana Terancam Didepak dari Serie A, Kenapa?

A Hendra - December 8, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalSerie A – Salernitana sedianya baru musim ini promosi ke kasta tertinggi sepakbola Italia, Serie A. Tapi belum juga semusim, klub berlogo kuda laut itu sudah terancam didepak dari Serie A, kenapa?

Salernitana mengantongi satu tiket promosi ke Serie A usai menjadi runner-up kompetisi Serie B pada musim 2020/2021 kemarin, kalah empat poin dari Empoli yang keluar sebagai juara. Keberhasilan ini sendiri merupakan yang pertama kalinya didapatkan Salernitana setelah 23 tahun lamanya berkutat di kasta kedua sepakbola Italia.

Namun sayang, baru memainkan 16 pertandingan di Serie A musim 2021/2022 ini, kans Salernitana untuk terus lanjut terancam dianulir setelah adanya larangan FIFA yang tidak mengizinkan dua klub dengan satu kepemilikan bertarung di satu kompetisi yang sama.

Salernitana saat ini masih dimiliki oleh presiden Lazio, Claudio Lotito. Dikutip dari Football Italia, Lolito membeli Salernitana pada 2011 silam setelah klub tersebut dinyatakan bangkrut. Bersama saudara iparnya, Marco Mezzoroma, Lotito mendaftarkan Salerno Calcio berkompetisi di Serie D. Setahun berikutnya Lotito membeli lisensi nama Salernitana dan mengembalikan nama klub seperti semula.


Baca Juga:


Menurut aturan FIFA, tidak boleh ada dua klub atau lebih berada pada satu kompetisi dengan dimiliki oleh pihak yang sama. Salernitana sendiri bisa tampil di paruh pertama musim ini karena sementara dipegang oleh Blind Trust selaku pihak ketiga yang dipercayakan untuk mencari pemilik baru.

Sayang, Blind Trust yang diberi tenggat waktu hingga 31 Desember untuk mencari pemilik baru, sejauh ini masih belum juga dapat. Football Italia memberitakan bahwa sejatinya telah ada tiga proposal yang masuk, namun pihak FIGC selaku federasi sepakbola Italia belum yakin dengan ketiga proposal itu. Jika hingga batas waktu yang sudah ditentukan Salernitana tak kunjung mendapatkan pembeli klub, maka bisa dipastikan FIGC tak sungkan untuk mendepaknya dari Serie A. (HS)

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com