Cerita Suram Pelatih Lokal Spanyol Di Real Madrid

0
120
Cerita Suram Pelatih Lokal Spanyol Di Real Madrid

VivagoalLa Liga – Pemecatan Julen Lopetegui sebagai pelatih Real Madrid menambah panjang cerita suram para pelatih asal Spanyol di klub asal Ibukota itu. Hampir semua pelatih lokal yang melatih Los Blancos dilengserkan hanya dalam waktu singkat dan tanpa trofi.

Untuk diketahui, berdasarkan keputusan dewan direksi, Madrid secara resmi memutuskan kontrak Lopetegui sebagai pelatih kepala, Senin (29/10/2018) waktu setempat. Keputusan tegas ini diambil hanya sehari setelah Sergio Ramos dkk takluk dengan skor 1-5 di Camp Nou, markas Barcelona.

Lopetegui sendiri baru 120 hari melatih El Real. Dalam kurun waktu itu, mantan pelatih timnas Spanyol itu membukukan 6 kemenangan, 6 kekalahan, dan 2 hasil imbang dari total 14 penampilan bersama Madrid. Pemecatan ini pun kemudian menambah panjang daftar cerita kelam pelatih lokal Spanyol di Los Blancos.

Baca Juga :  Liverpool Puncaki Klasemen, Klopp: Itu Tidak Penting

Sebelum Lopetegui, sudah ada lima pelatih lokal Spanyol di Madrid yang dilengserkan dalam kurun waktu tidak cukup lama. Menariknya lagi, selain punya masa kerja pendek, semua pelatih asal Spanyol juga belum ada yang mampu memberikan trofi juara.

Kisah suram ini dimulai dari Jose Antonio Camacho yang pernah dipercaya menangani Los Blancos medio Juli 2004. Meski baru dua bulan bekerja, Camacho sudah diminta mengundurkan diri karena rentetan hasil buruk yang dialami tim besutannya.

Mariano Garcia Remon pun lantas mengambil alih tampuk kepelatihan dari Camacho yang sebelumnya menjabat selaku asisten pelatih. Namun nasib Mariano yang merupakan jebolan akademi Madrid sebelas dua belas dengan pendahulunya. Ia dipecat setelah bertugas selama 101 hari memimpin si Putih.

Belum ada trofi juara, Madrid kembali mempercayakan kursi pelatih kepada putra lokal Spanyol, Juan Ramon Lopez Caro, Desember 2005. Sayangnya, kerjasama berikutnya ini juga berlangsung pendek dan berakhir pada Juni 2006, tanpa menghasilkan satu pun trofi.

Di musim 2008/2009, Juande Ramos jadi pelatih asal Spanyol berikutnya yang dipecat oleh manajemen Los Blancos. Menyusul Rafael Benitez yang ditunjuk jelang dimulainya musim 2015/2016.

Mantan juru taktik Liverpool tersebut hanya memiliki masa bakti tujuh bulan di Bernabeu dengan capaian 17 kemenangan, 5 imbang, dan 3 kekalahan dari 25 laga yang dijalani.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here