Dominic Livakovic: Penyelamat Kroasia, Mimpi Buruk Turki
Dominic Livakovic, Foto: dok Goal

Dominic Livakovic: Penyelamat Kroasia, Mimpi Buruk Turki

A Hendra - March 29, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Inggris – Kemenangan meyakinkan Timnas Kroasia atas Turki takkan terjadi andai Dominic Livakovic tak gemilang di bawah mistar gawang. Kiper Dinamo Zagreb itu membuat lima penyelamatan gemilang.

Timnas Kroasia berhasil mengalahkan Turki dengan skor 2-0 di Timsah Arena dalam laga matchday kedua grup D babak kualifikasi Euro 2024. Gol kemenangan Kroasia semuanya diborong oleh gelandang Chelsea, Mateo Kovacic.

Di laga ini, Turki sebetulnya bukan tampil tanpa perlawanan. Menurut catatan Whoscored, tuan rumah mampu melepaskan hingga 18 tembakan dengan lima di antaranya mengarah ke gawang.

Dominic Livakovic: Penyelamat Kroasia, Mimpi Buruk Turki
Kovacic, Foto: dok Twitter @Tunnykvng

Turki sempat mempunyai dua kesempatan bagus untuk mencetak gol. Pertama terjadi lewat tendangan Caglar Soyuncu, namun gagal menjadi gol setelah Dominic Livakovic dengan cepat mengadang laju bola.

Kesempatan selanjutnya didapatkan oleh Cenk Tosun. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti berhasil ditepis Livakovic dengan satu tangan.


Baca Juga:


Performa oke kiper berusia 28 tahun itu pun mendapat pujian dari Mateo Kovacic. Menurutnya, ia bukanlah satu-satunya pahlawan kemenangan timnas Kroasia di markas Turki, tapi Vatreni bisa meraup tiga poin berkat performa gemilang Dominik Livakovic di bawah mistar gawang.

“Kami tampil bagus dan berhasil mengontrol pertandingan. Kami memang beberapa kali kehilangan bola, tapi kami mampu bangkit dan pada akhirnya meraih hasil maksimal,” ujar Kovacic dilansir dari laman resmi UEFA.

“Dalam dua atau tiga kesempatan kami kehilangan kontrol, kami diselamatkan Livakovic yang tampil luar biasa malam ini,” sambungnya.

Tambahan tiga poin membuat Kroasia duduk di posisi kedua Grup D Kualifikasi Euro 2024 dengan empat poin, kalah head-to-head dari Wales yang punya poin sama. Turki di posisi ketiga dengan tiga poin.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com