Steffan Effenberg Bedah Kekurangan Borussia Dortmund - Vivagoal.com
Direktur Barcelona Yakin Real Madrid Bisa Wujudkan Duet Mbappe-Haaland
Sumber : bolasport.com

Steffan Effenberg Bedah Kekurangan Borussia Dortmund

Catrine Mega - September 14, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Bundesliga – Pengamat sepakbola sekaligus mantan pemain Timnas Jerman, Stefan Effenberg mengkritik gaya bermain Borussia Dortmund. Menurutnya, Dortmund bisa bermain lebih baik dari apa yang mereka tampilkan sampai saat ini.

Kurangnya kontinuitas menjadi masalah yang ada di skuad asuhan Marco Rose tersebut. Hal ini terlihat jelas saat dikalahkan oleh Freiburg beberapa pekan lalu. 

“Di Freiburg itu hanya satu hal, dan mereka kalah. Anda membutuhkan kontinuitas,” ungkapnya.

Effenberg mengatakan bahwa mereka bisa saja menjadi lebih kuat dari Bayern Munich jika berhasil mengatasi masalah ini. Satu hal yang pasti, Mereka tidak boleh terlalu bergantung pada Haaland.

“Jika mereka berhasil melakukan ini, mereka bisa berbahaya bagi Bayern,” tambahnya.



Effenberg mengatakan bahwa Marco Rose adalah sosok pelatih yang memiliki filosofi menyerang. Namun ia mengingatkan bahwa lini pertahanan juga harus menjadi perhatian, bersama Gladbach musim lalu ia memiliki catatan kebobolan cukup banyak.

“Tahun lalu, Rose mencetak gol dengan Gladbach 56 gol kebobolan, itu adalah untuk batas tertentu sudah filsafat. Dia ofensif tetapi tidak boleh melupakan bagian belakang. Itulah tantangan besar Rose agar bisa bertahan di Bundesliga dan internasional,” tambah pengamat sepakbola tersebut.

Kebiasaan buruk Rose mulai terlihat bersama Dortmund musim ini. Baru empat laga berlangsung Dortmund sudah kemasukan sembilan gol ke gawang sendiri. (ARI)

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com