Super Liga dan Format Baru Liga Champions Sama Buruknya - Vivagoal.com
European Super League Dilarang, Tapi Format Baru Liga Champions Sama Buruknya
European Super League, Foto: Dok Bleacher Report

Super Liga dan Format Baru Liga Champions Sama Buruknya

A Hendra - April 23, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan sangat tidak setuju dengan digelarnya European Super League. Meski begitu, Gundogan juga mengkritik keras format baru Liga Champions yang diusulkan oleh UEFA.

Baru-baru ini dunia sepakbola dikejutkan dengan adanya gagasan membuat kompetisi bernama European Super League (ESL). Kompetisi tandingan itu diprakarsai oleh 12 klub top Eropa, dengan Real Madrid dan Juventus sebagai inisiatornya.

Namun, hampir semua pihak, baik para pendukung, pelatih, hingga pemain sekalipun melihat gagasan membuat European Super League cuma akan menguntungkan buat tim-tim besar. Mereka meniai tim-tim yang sudah mapan sekarang akan semakin kaya raya.

Sementara tim-tim kecil bakalan sulit berkembang atau bisa jadi lebih miskin lagi. Kondisi seperti itu diklaim bakal membuat dunia sepakbola tak lagi menarik.

Di sisi lain, untuk meredam keinginan para klub top Eropa hengkang ke European Super League, UEFA coba menawarkan format baru Liga Champions. Rencananya format baru itu akan mulai dipakai pada tahun 2024.


Baca Juga:


UEFA mengklaim bahwa format baru ini bakal lebih baik buat para peserta, sekaligus mendatangkan banyak uang untuk klub. Namun, menurut Gundogan format baru Liga Champions tersebut sama buruknya dengan ESL. Pasalnya, dengan jumlah pertandingan di Liga Champions yang makin banyak, maka pemain yang jadi korban.

“Dengan ramai-ramai Super League sejauh ini, bisakah kita juga membahas soal format baru Liga Champions? Pertandingan jadi lebih banyak, tapi apakah mereka memikirkan kami sebagai pemain?,” ujar Gundogan dalam cuitannya di akun twitter

“Format baru Liga Champions sedikit lebih baik, tapi justru sama buruknya dengan European Super League.

“Liga Champions sekarang sudah bagus dan itulah mengapa jadi kompetisi antarklub terpopuler di dunia saat ini, baik untuk pemain maupun fan.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com