FIGC Siapkan Rencana Cadangan Andai Kompetisi Kembali Terhenti

0
18
FIGC Siapkan Rencana Cadangan Andai Kompetisi Kembali Terhenti
Gabriele Gravina Tengah Menjalani Konferensi Pers (Sumber: Calciomercato24)

Vivagoal Serie A – Federasi Sepakbola Italia (FIGC) mengaku sudah memiliki rencana B jika kompetisi di Italia kembali harus dihentikan akibat pandemi virus corona.

Sepakbola Italia terpaksa dihentikan setelah pademi corona menyerang awal Maret kemarin. Total 250.000 orang terinfeksi dan merenggut nyaris sebanyak 34.000 jiwa.

Namun setelah angka penyebaran menurun, gempita sepakbola Italia pun akan kembali bergaung. Rencananya Serie A akan kembali digelar pada 20 Juni mendatang.

Presiden FIGC, Gabriele Gravina, pun menyambut antusias kembali kompetisi musim ini. Menurutnya Serie A selaku salah satu dari lima liga top Eropa telah mengambil langkah besar yang tidak semua pihak berani melakukannya.

“Sepakbola menjadi pemenang hari ini, berkaitan dengan konsistensi,” kata Gravina dilansir dari Football Italia. “Sejak awal, kami semua mendukung kebutuhan klub agar tetap berada dalam sorotan internasional.”

“Italia adalah salah satu dari lima liga top di Eropa. Kami membuat keputusan untuk menuntaskan kompetisi dan kami akan melanjutkannya di jalur yang sudah kami buat.”

“Hari ini, sepakbola telah menunjukkan konsistensi. Saya yakin akan ada kebersamaan yang hebat dan bahwa kami akan berkoordinasi seperti yang selalu kami lakukan dengan semua pemangku kepentingan, termasuk Lega Serie A, yang tidak menjadi pecundang dalam situasi ini.”


Baca Juga:



Namun Gravina sadar jika kompetisi bisa saja kembali dihentikan. Ia pun sudah menyiapkan rencana B jika hal tersebut nantinya terjadi.

“Jika terhenti, kami telah merencanakan format baru dengan play-off dan play-out, seperti yang diminta oleh UEFA,” lanjutnya.

“Di luar lapangan, tidak ada solusi yang lebih baik selain tetap bertanding dengan play-off dan play-out.”

“Klasemen dalam turnamen mini selalu lebih baik daripada perhitungan khusus, yang telah diklarifikasi: rata-rata yang diperoleh dari bobot rata-rata jumlah poin yang didapat dari pertandingan kandang dan tandang, dikalikan dengan sisa permainan.”

Nantinya, jika kompetisi kembali terhenti sebelum 10 Juli, maka akan diadakan play-off untuk menentukan juara Serta degradasi. Akan tetapi, apabila terhentinya setelah tanggal tersebut, maka akan ada perhitungan untuk menentukan urutan klasemen akhir musim.

Formula yang sama juga akan diterapkan di Serie B. Tapi dengan sudah dihentikannya Serie C secara permanen, maka tiga tim dipastikan mendapat jatah promosi ke kasta kedua yakni Vicenza, Regina dan Monza.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here