Harusnya Gol, VAR Rugikan Everton!

0
159
VAR Liga Inggris

Vivagoal Liga Inggris – Everton terpaksa menerima hasil imbang lawan Manchester United usai gol kemenangan mereka dianulir oleh VAR. Dominic Calvert-Lewin sendiri percaya gol itu seharusnya sah.

Laga Everton kontra Manchester United di Goodison Park, Minggu (1/3/2020) malam WIB di pekan ke-28 Liga Inggris akhirnya berakhir 1-1. Tuan rumah sendiri berhasil unggul cepat melalui Calvert-Lewin.

Sang pemain berhasil menghadang sepakan David de Gea yang kemudian meluncur masuk ke gawang. Beruntung Man United berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan keras Bruno Fernandes dari luar kotak penalti.

Everton sendiri sejatinya berhasil membalikkan keadaan di masa injury time. Sepakan Calvert-Lewin membentur Harry Maguire, lalu bergulir masuk ke gawang mengelabui De Gea.

Namun dalam prosesnya, Gylfi Sigurdsson berada di depan gawang Man United. Sigurdsson terlihat menarik kakinya guna menghindari sentuhan karena ia sadar berada dalam posisi offside.

Video Assistant Referee (VAR) kemudian menganulir gol tersebut. Penilaian menyebut jika Sigurdsson aktif dan membuat pandangan De Gea terganggu.

Keputusan itu kemudian memunculkan kontroversi. Dalam tayangan ulang terlihat jika De Gea sudah terkecoh saat bola membentur Maguire. Ia bergerak ke kanan, menjauh dari arah datangnya bola, sehingga mati langkah dan tak mungkin menyelamatkan gawangnya meski Sigurdsson tak di sana.

Calvert-Lewin pun kecewa dengan keputusan tersebut. Menurutnya gol itu sah dan Sigurdsson tak menghalangi pandangan De Gea.

“Pada saat itu, saya tidak yakin [gol atau tidak]. Tapi setelah melihatnya kembali, saya rasa Gylfi yang terduduk di lapangan tidak mengganggu pandangan (kiper),” ungkapnya kepada Sky Sports.

“Memang dia ada di posisi offside, tapi bolanya membentur (Maguire) dan dia menarik kakinya menjauh dari bola. Kiper dalam posisi tidak mampu menyelamatkan tendangan itu.”

“Buat saya sebagai penyerang, itu adalah murni sebuah gol. Tapi VAR memutuskan sebaliknya. Terkadang insiden seperti itu menguntungkan Anda, terkadang tidak,” imbuh penyerang 22 tahun ini.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here