Helmy Putra Damanik Jadi Starter di Liga yang Diikuti Messi Muda - Vivagoal.com
Helmy Putra Damanik Main di Spanyol

Helmy Putra Damanik Jadi Starter di Liga yang Diikuti Messi Muda

Dimas Sembada - December 11, 2018
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Pemain asal Indonesia, Helmy Putra Damanik masuk dalam starting line up klub CIA Palencia A yang berlaga di Division de Honor U-18  Spanyol.

Kompetisi Division de Honor adalah Liga tertinggi di Spanyol untuk pemain yang masuk dalam kelompok umur 18 tahun. Semua bintang besar La Liga pernah tampil di kompetisi ini, sebut saja Lionel Messi, Fernando Torres, Andreas Iniesta, Xavi Hernandez, Pep Guardiola dan Luis Milla.

Klub CIA Palencia A sendiri tergabung di grup Castille de Leon Provincial, bersama Leganes, Real Madrid, Atletico dan beberapa klub lainnya untuk kategori 18 tahun.

Adapun Helmy Putra Damanik, pemain asal Balikpapan, Kalimantan Timur berusia 18 tahun dianggap punya kualitas untuk ikut berlaga di kompetisi terbesar U-18 di Spanyol.

Helmy masuk dalam starter CIA Palencia A karena sudah memperoleh kartu Ficha, yakni kartu izin bermain yang dikeluarkan Federasi Sepak Bola Spanyol untuk pemain asing yang mau bermain di daratan Spanyol.

[irp]

“Selamat buat Helmy, teruslah berprestasi, semoga bisa menambah pengalaman bertanding agar kelak bisa membantu timnas Indonesia bersaing di level Asia Tenggara, Asia bahkan dunia,” sahut Fanny Riawan, Program Director Project Vamos Indonesia.

Proyek Vamos Indonesia sepenuhnya dibiayai perorangan untuk disalurkan ke klub-klub profesional yang ada di Eropa. Tujuan proyek ini untuk melahirkan bibit-bibit muda berbakat Indonesia khususnya di dunia sepakbola.

“Sebenarnya, usia emas setiap pemain sepak bola itu dimulai dari umur 16 tahun sampai 19 tahun. Di level tersebut, mereka minimal bisa bermain sebanyak 30 kali dalam sebuah kompetisi selama satu musim sesuai regulasi yang dicanangkan FIFA,” lanjut Fanny.

Fanny menambahkan kesulitan pemain muda Indonesia ialah tak adanya kompetisi berjenjang yang berkelanjutan. Spanyol dipilih untuk mengasah talenta muda karena kompetisi di negeri Matador memiliki kualitas yang baik.

“Pastinya, tanpa kompetisi yang memadai tuk semua kelompok umur sampai U-19, akan sulit buat Indonesia mendapatkan talenta muda untuk membawa timnas berbicara banyak di kancah internasional. Makanya, Proyek ini diadakan dan kami pilih berangkatkan ke Spanyol karena disana kompetisi untuk remaja lumayan bagus,” tandasnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di vivagoal.com