Vivagoal.com – Barcelona hanya mampu menang tipis 0-1 atas Athletic Bilbao dalam pertemuan pekan kedua La Liga yang berlangsung Senin (29/8) dini hari. Satu-satunya gol dalam laga yang digelar di San Mames ini dicetak oleh Ivan Rakitic.

Meskipun hanya unggul satu gol, hasil ini sangat penting untuk Barca. Sebab tambahan tiga poin membuat tim Catalan tersebut mengumpulkan poin maksimal dari dua laga yang dijalani.

Dalam pertandingan yang menandai penampilan Lionel Messi yang ke-350 ini, Barca langsung tampil agresif setelah wasit memulai pertandingan. Di menit ke-6, Barca sudah mampu mencetak gol ke gawang Bilbao. Namun gol dini tersebut kemudian dianulir karena wasit garis lebih dulu mengangkat bendera offside.

Sementara itu, Bilbao yang bertindak sebagai tuan rumah juga tak mau hanya bertahan membendung serangan Barca. Mereka mencoba menekan di daerah pertahanan Barca. Hingga akhirnya, pasukan Ernesto Valverdo hampir saja membuka keunggulan setelah Ter Stegen melakukan salah umpan. Untungnya tembakan yang dilakukan Benat tepat membentur pelipis Stegen sehingga bola kembali muntah.

Rakitic akhirnya membuka kebuntuan pada menit 21. Setelah menerima umpan lambung dari Arda Turan, gelandang asal Kroasia tersebut menyambutnya dengan kepala. Bola deras melaju ke dalam gawang Iraizoz.

Unggul satu gol, tak menghentikan Barca mencuri gol selanjutnya. Peluang demi peluang tercipta. Namun hingga babak pertama usai, skor 0-1 tak berubah.

Memasuki babak kedua, Bilbao banyak memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan. Peluang pertama didapatkan Laporte setelah terjadi tendangan pojok. Sayangnya sundulan yang dilakukan masih sedikit menyamping.

Ketika Bilbao mencoba keluar dari wilayah sendiri untuk menyamakan kedudukan, Barca banyak melakukan serangan balik. Beberapa kali Lionel Messi memiliki kesempatan menggandakan keunggulan, namun upayanya tak mampu membuahkan hasil.

Di menit-menit akhir, Messi juga punya peluang emas untuk menyumbangkan. Namun ketika sudah berdiri di ruang kosong di dalam kotak penalti lawan, ia justru memberikan bola pada Suarez. Dan, tembakan rekannya tersebut justru bisa dihentikan oleh penjaga gawang Bilbao. Maka skor 0-1 pun tetap bertahan hingga laga dinyatakan selesai.

Leave a Reply