Vivagoal.com – Rekor kemenangan beruntun sepuluh laga Manchester City musim ini harus terhenti di pentas Liga Champions selepas ditahan imbang 3-3 oleh Celtic dalam laga kedua fase grup yang berlangsung di Celtic Park, Kamis (29/9) dini hari WIB.

Laga ketat langsung berlangsung sejak menit pertama, dengan Celtic mengejutkan The Citizens saat laga berjalan tiga menit lewat gol Moussa Dembele, yang sedikit berada dalam posisi off-side kala membelokkan bola sundulan Nir Bitton di muka gawang.

Tertinggal cepat, pasukan Pep Guardiola yang berusaha membalas terus mendapat perlawanan sengit. Baru pada menit ke-11 gol penyama kedudukan diciptakan Fernandinho, yang dalam posisi lolos dari jebakan off-side menerima bola tembakan Aleksandar Kolarov dan kemudian memperdaya Craig Gordon.

Peragaan permainan agresif dengan pressing tinggi yang dilakukan Celtic cukup membuat City kerepotan. Terbukti pada menit ke-20, Tom Rogic yang tak mendapat kawalan ketat berhasil memberikan umpan diagonal ke kiri, bola langsung disambar Kieran Tierney dan sedikit membentur Raheem Sterling sebelum masuk ke gawang Claudio Bravo.

Namun momentum Celtic tersebut tak bertahan lama setelah Sterling melakukan tebusan delapan menit berselang. Sebuah umpan terobosan David Silva diterimanya dengan baik dan kemudian mengecoh pergerakan Tierney sekaligus Gordon untuk menyamakan kedudukan. Skor imbang 2-2 bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, Celtic tetap menerapkan gebrakan yang sama seperti di awal. Dua menit memasuki lapangan, skuat arahan Brendan Rodgers kembali memimpin untuk ketiga kalinya berkat aksi Dembele dengan tembakan akrobatiknya meneruskan umpan silang Tierney.

City pun lagi-lagi dipaksa bekerja keras untuk mengejar ketertinggalan dan upaya terbayar pada menit ke-55. Nolito sukses menyarangkan bola ke gawang Celtic, setelah sang winger asal Spanyol meneruskan bola pantulan hasil tembakan Aguero yang sempat ditepis oleh Gordon.

Menit ke-63, Erik Sviatchenko melakukan halauan krusial kala sang bek sentral membendung laju bola yang datang ke kotak penalti Celtic. Anda saja lolos, Aguero siap memanfaatkan momentum menyambar bola. City terus menekan pertahanan Celtic hingga memasuki sepertiga akhir permainan.

Delapan menit laga tersisa, Fernandinho punya kans membawa City berbalik unggul namun sayang tembakan kerasnya tipis di atas mistar. Demikian juga dengan peluang Ilkay Gundogan saat memasuki tambahan waktu yang secara gemilang dimentahkan Gordon.