Iniesta Bingung Cara Orang Jepang Terima Kekalahan

0
8928
Andres Iniesta Bingung Cara Orang Jepang Terima Kekalahan

Vivagoal – Pada akhir musim 2017/2018 lalu, Andres Iniesta memutuskan hengkang dari Barcelona untuk bergabung di J-League bersama Vissel Kobe. Dan sejak saat itu, Iniesta mengaku terus berusaha untuk beradaptasi dengan budaya Jepang.

Iniesta pergi dari Camp Nou karena ingin merasakan tantangan baru sebelum dirinya gantung sepatu. Dan Iniesta memilih bermain di luar Eropa agar tidak perlu melawan Barcelona suatu saat nanti. Kini, Iniesta sedang menjalani musim perdananya di Liga Jepang.

Baca Juga :  Spalletti Kecam Insiden Pelemparan Mobil Wanda Nara

Gelandang 34 tahun itu mengakui, di awal-awal dirinya datang ke Jepang, proses adaptasinya bersama Vissel Kobe berjalan tidak mulus.

“Proses adaptasi saya tidak berjalan mudah disini, baik dalam hal olahraga maupun keluarga, karena adat Jepang berbeda dengan kebiasaan kami di Eropa. Tapi, saat ini Istri dan anak-anak saya merasa sudah nyaman, dan sekarang waktunya kami menikmatinya.” ujar Iniesta dikutip dari Sport-English.

“Orang Jepang jauh lebih tenang ketimbang kami, dan itu sangat terlihat pada suasana stadion. Mereka mendukung, memprotes, tapi mereka tidak pakai marah seperti di Eropa.” lanjutnya.

Lebih lanjut, Iniesta dan keluarganya cukup kesulitan karena tradisi dan budaya Jepang yang jauh berbeda dibandingkan di Spanyol.

“Orang Jepang menghadapi kekalahan dengan cara yang berbeda dengan suporter di Eropa. Baik kami kalah, lalu kenapa, dan filosofi itu yang sulit saya pahami, karena di satu sisi kami harus kompetitif, tapi di sisi lain kami harus terima kekalahan itu dengan cara tenang.” Iniesta menjelaskan.

“Tapi masa saya di Vissel Kobe jelas jauh lebih tenang ketimbang saat masih bermain di Barcelona.” tutup Iniesta.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here