VivagoalBerita BolaSanksi berat tersebut diutarakan secara langsung oleh Presiden UEFA, Aleksander Ceferin. Menurutnya pelanggaran Financial Fair Play merupakan hal yang menyalahi aturan terlebih pihak PSG keukeuh mengatakan jika mereka tidak melakukan kecurangan apapun.

Aktifitas belanja besar-besaran yang dilakukan oleh Paris Saint-Germain nampaknya berbuntut panjang. Setelah sebelumnya FIFA mendapat laporan untuk mengusut keuangan PSG dari Barcelona, kini kabar kurang mengenakkan datang dari Federasi Sepakbola Eropa atau UEFA.

Aleksander Ceferin selaku Presiden UEFA mengatakan jika pihaknya siap mencoret PSG dari kompetisi Liga Champions andai penyelidikan menunjukkan jika mereka melakukan pelanggaran terhadap FFP. Meski akan memancing banyak kontroversi, namun Ceferin tidak gentar untuk menegakkan keadilan.

“Jika ingin menjadi populer seperti Michel Platini, saya tahu harus mengeluarkan PSG dari ajang Liga Champions,” ujar Ceferin kepada L’Equipe.

“Kami tidak takut untuk menjalankan keadilan dan memberi hukuman. Tidak ada satu klub pun yang berada di atas hukum,” lanjutnya.

Nampaknya nama besar PSG sama sekali tak membuatnya gentar. Alasan lain yang membuat Ceferin siap melakukan hukuman tegas kepada Les Parisiens adalah karena klub satu ini sebelumnya sudah pernah melakukan pelanggaran FFP pada musim 2014 silam. Akibat ulahnya tersebut PSG dihukum hanya diperbolehkan mengirim 21 pemain saja di ajang Liga Champions.

Ketertarikan UEFA untuk turut melakukan penyelidikan adalah karena kekuatan dana PSG musim ini terbilang mencengangkan. Bagaimana tidak klub yang satu ini menggelontorkan dana sebesar 238 juta euro (Rp 3,76 triliun). Angka tersebut digunakan untuk memboyong Neymar dari Barcelona, Yuri Berchiche dari Real Sociedad, dan meminjam Kylian Mbappe dari AS Monaco.

Tentu akan menjadi sebuah kerugian yang besar andai mereka terbukti melanggar FFP karena PSG sudah mempersiapkan diri untuk meraih trofi Liga Champions musim ini. Pada laga pembuka Grup B Liga Champions sendiri Neymar dan kawan-kawan berhasil mencukur Celtic dengan skor 5-0. Neymar dan Mbappe masing-masing berhasil menyumbang satu gol, ditambah dua gol dari Cavani serta satu gol bunuh dari tim tuan rumah.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply