Krisis Finansial, Fans St. Pauli Sumbangkan 1 Juta Euro Untuk Klubnya - Vivagoal.com
Krisis Finansial, Fans St. Pauli Sumbangkan 1 Juta Euro Untuk Klubnya
Sumber: mopo.de

Krisis Finansial, Fans St. Pauli Sumbangkan 1 Juta Euro Untuk Klubnya

Muhammad Ilham - May 27, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalBundesliga – Pandemi Covid-19 membuat FC St. Pauli krisis dalam hal finansial. Namun, para fans mereka mampu menyumbangkan 1 juta euro untuk klub yang identik dengan logo tengkorak tersebut.

Meskipun bermain di 2.Bundesliga, atau yang biasa disebut kasta kedua Liga Jerman, St. Pauli memiliki popularitas yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan klub yang berlogo tengkorak tersebut merupakan klub sepak bola yang memiliki ideologi sayap-kanan.

Ideologi, aksi, serta logo yang sangat keren tersebut membuat banyak tim terinspirasi oleh mereka. Mereka mungkin satu-satunya klub yang mengedepankan suporter atau penonton daripada prestasi. St. Pauli adalah contoh nyata dari sepak bola milik masyarakat.

Tidak hanya di masyarakat saja, ideologi tersebut juga menjadi pondasi dasar dari kebijakan-kebijakan klub, seperti transfer pemain ataupun pelatih. Oleh karena itu, para suporter juga memiliki andil dalam hal finansial mereka.


Baca Juga:


Akan tetapi, pandemi Covid-19 melanda dunia, dan itu membuat finansial semua industri goyang, salah satunya sepak bola. Untuk klub-klub besar, mungkin mereka bisa bertahan dari adanya sponsor besar. Akan tetapi, bagi klub kecil seperti St. Pauli, pandemi Covid-19 adalah sebuah bencana, terutama di sisi finansial.

Untuk mencegah agar klub tidak ‘gulung tikar’, para suporter St. Pauli berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pundi-pundi uang kepada klub. Dilansir dari BILD, para suporter St. Pauli tetap memperpanjang tiket musim mereka agar klub tetap mendapatkan pendapatan.

Meskipun tidak diperbolehkan menonton sepak bola secara langsung di lapangan, suporter St. Pauli tetap memperpanjang tiket musiman mereka. Dengan adanya aksi tersebut, Freibeuter der Liga – julukan St. Pauli – tetap mendapatkan uang. Bahkan, terhitung para suporter sukses menyumbangkan uang sebesar 1 juta euro.

Krisis Finansial, Fans St. Pauli Sumbangkan 1 Juta Euro Untuk Klubnya
Sumber: Panditfootball

Uang tersebut tidak datang dari penjualan tiket saja, melainkan dari merchandise St. Pauli. St. Pauli sendiri duduk di peringkat ke-6 klub dengan penjualan merchandise terlaku di Jerman, meskipun mereka ada di 2.Bundesliga.

Dengan adanya aksi solidaritas yang dilakukan oleh para fans St. Pauli, Manajer Bisnis St. Pauli, Bernd von Geldern mengungkapkan rasa terima kasih terbesar kepada mereka.

“Itu adalah tindakan solidaritas yang luar biasa dari para suporter, di mana kami sebagai asosiasi sangatlah berterima kasih kepada mereka,” ucap von Geldern seperti yang dilansir oleh BILD.

“Kami melewati masa-masa sulit lebih baik daripada yang kami takutkan. Meskipun demikian, kami masih membutuhkan waktu untuk bisa mengisi kas ekuitas kita seperti sebelum Covid-19. Tujuan kami adalah menjadi stabil lagi setelah musim 2022/23, seperti yang terjadi delapan tahun lalu sebelum Covid-19.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com