UEFA Rencanakan Hapus Liga Champions Untuk Buat Super League
Sumber: Sevilla FC

UEFA Rencanakan Hapus Liga Champions Untuk Buat Super League

Muhammad Ilham - October 3, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Champions – Badan sepakbola tertinggi sepakbola Eropa, UEFA, dikabarkan ingin menghapus turnamen terbaiknya, Liga Champions. Penghapusan Liga Champions tentunya dikarenakan mereka ingin membuat sebuah turnamen baru bernama Super League.

Pada 2021, beberapa tim terbesar di Eropa seperti Real Madrid, Juventus FC, FC Barcelona, Manchester United, Arsenal FC, dan Liverpool FC berniat untuk membentuk turnamen yang bisa menandingi Liga Champions. Turnamen tersebut bernama European Super League (ESL).

Keinginan klub-klub untuk membentuk ESL dikarenakan agar bisa memberikan pertandingan berkualitas, dengan tim-tim yang hebat, dan menambah keuntungan finansial yang bertujuan untuk mengembangkan sepakbola di Eropa. Namun, rencana tersebut ditolak mentah-mentah oleh UEFA.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menegaskan jika klub-klub ingin membuat ESL, maka mereka harus siap dengan konsekuensinya, yakni dikeluarkan dari Liga Champions. Berdasarkan wawancaranya dengan der Spiegel, pembentukan ESL adalah cara terbaik untuk membunuh sepakbola.

Beruntungnya, hingga detik ini, ESL tidak direalisasikan. Tetapi, sebuah informasi yang mengejutkan muncul dari laporan SportBILD, Selasa (3/10) siang WIB.


Baca Juga:


Di dalam laporan tersebut, dikabarkan jika UEFA berniat untuk menghapus Liga Champions. Bekerja sama dengan Asosisi Klub Eropa (ECA), UEFA akan membentuk tiga liga baru yang diisi 18 tim yaitu Super League, Europa League, dan Aspirant League.

Sistem yang diterapkan mirip seperti liga-liga lainnya, di mana ada degradasi dan promosi. Akan ada empat tim yang bisa promosi atau terdegradasi dari divisi kedua dan ketiga. Lalu, hanya dua tim yang bisa promosi dan degradasi antara divisi pertama dan kedua.

UEFA Rencanakan Hapus Liga Champions Untuk Buat Super League
Sumber: UEFA

Pemain yang bisa didaftarkannya pun jauh lebih banyak daripada Liga Champions. Biasanya, masing-masing tim hanya bisa mendaftarkan 25 pemain saja di Liga Champions, namun ketika di Super League mereka bisa mendaftarkan 34 pemain.

Rencana untuk Super League ini baru akan dibahas pada pertemuan Komite Eksekutif UEFA selanjutnya. Namun, konsep ini tidak akan diberlangsungkan dua atau tiga tahun lagi, melainkan paling cepat 2027.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com