VivagoalBerita Bola – Dinilai tidak memberikan informasi yang akurat terkait dengan pemeriksaan doping pemain, Man City harus menerima denda oleh Federasi Sepakbola Inggris ( FA ). Federasi sepakbola tertinggi tanah Britania tersebut akhirnya menjatuhkan denda sebesar 581 juta rupiah sebagai hukuman.

Kedisiplinan tim-tim peserta Liga Eropa memang terkenal ketat. Federasi yang menaungi mereka kerap melakukan penyelidikan untuk mengetahui perkembangan serta keseragaman terkait peraturan yang dibuat oleh federasi. Salah satu hal yang mendapat perhatian khusus oleh lembaga-lembaga tersebut adalah doping pemain.

Penggunaan berbagai obat ataupun vitamin bagi para pemain kerap membuat mereka harus menjaga dengan ketat penggunaannya agar tidak mencurangi tim lain. Kondisi ini menjadi salah satu pertimbangan oleh FA selaku federasi sepakbola Inggris dalam menjatuhkan hukuman kepada Manchester City.

FA menilai jika tim berjuluk The Citizen tersebut telah membuat kesalahan dalam hal administrasi tes doping para pemainnya. Data yang kurang akurat yang mereka serahkan ke FA dinilai pantas untuk mendapat ganjaran hukuman.

FA menyatakan di situs resminya jika setelah mendengar sidang Komisi Independen, Manchester City didenda sebesar £35.000 (sekitar Rp581 juta). Selain itu, The Citizen juga diperingatkan soal pemeriksaan doping di masa depan. Meskipun mengaku ada permasalahan dalam hal administrasi pemain, namun FA tetap menjatuhkan hukuman tersebut.

Man City dikatakan telah melanggar Status  FA pasal 14. Dalam pasal itu menjelaskan, jika klub-klub di Inggris harus memberikan rincian akurat soal data teknis dan administratif seluruh pemain kepada FA. 

Salah satu data yang ditemukan tidak akurat adalah kepindahan Samir Nasri dari ManCity ke Sevilla beberapa waktu lalu. Klub tidak memberikan data yang sesuai, di mana saat pemain tersebut melakukan pengujian doping.

Dalam regulasi FA disebutkan jika klub wajib menyimpan catatan lengkap latihan, tempat latihan dan alamat pemain. Hal itu dimaksudkan agar mudah melakukan pemeriksaan doping setiap saat.

Dengan penjatuhan hukuman tersebut diharapkan menjadi pelajaran bagi City serta peserta liga lainnya.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

 

Leave a Reply