Vivagoal Berita Bola – Salah satu wasit terbaik dunia tersebut resmi meninggalkan Inggris untuk bergabung dengan Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF). Hal tersebut diumumkan oleh Professional Game Match Officials Limited (PGMOL).

Kepergian wasit kenamaan tersebut menjadi akhir dari misteri masa depan sang pengadil lapangan. Clattenburg pernah mengatakan jika dirinya ingin segera hengkang dari Liga Inggris dalam waktu dekat. Beberapa kompetisi bergengsi dunia bahkan sempat diberitakan akan menampung jasa sang wasit.

Dari begitu banyaknya liga yang menginginkan jasanya, tersebar kabar jika Liga Tiongkok atau CSL berniat untuk melego sang wasit. Kepindahannya pun sepertinya bakal terwujud setelah negara tirai bambu tersebut rela menggelontorkan dana besar dalam mengembangkan persepakbolaan mereka.

Namun hal tersebut akhirnya terjawab juga setelah sang wasit memilih untuk meneruskan masa kepelatihannya di Arab Saudi. Keputusan tersebut dibarengi dengan pernyataan PGMOL. Lembaga yang menaungi para wasit di Inggris tersebut menyatakan jika wasit berusia 41 tahun tersebut akan segera hengkang ke SAFF dalam waktu dekat.

Clattenberg sendiri belum dipastikan akan mengisi posisi yang pasti di sana. Hanya saja di lembaga tertinggi di tanah Arab tersebut tengah memiliki kekosongan di posisi Kepala Komite Wasit SAFF. Kemungkinan besar wasit bertubuh kecil tersebut akan mengisi jabatan yang sebelumnya di isi oleh Howard Webb, yang juga merupakan mantan wasit Premier League. Wasit berkepala pelontos tersebut telah mengundurkan diri dan menerima pekerjaan sebagai kepala Video Asisten Wasit (VAR) di MLS.

Semenjak bergabung dengan PGMOL pada 2004 lalu, Clattenburg telah mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan sang pengadil lapangan sempat memimpin berbagai laga penting dalam dunia sepakbola sejagad.

Tercatatan pada tahun lalu, sang wasit sudah memimpin beberapa laga besar seperti wasit untuk final Piala FA, final Liga Champions, dan pada 2016 Clattenburg memimpin final Piala Eropa antara Portugal melawan Prancis. 

PGMOL sendiri mengatakan jika Mark adalah wasit bertalenta, dia menjadi aset luar biasa bagi sepakbola Inggris dan diharapkan menjadi inspirasi kepada mereka yang ingin masuk ke dunia perwasitan.

Selalu update berita terbaru sepakbola, highlights dan 5 fakta hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply