Membedah Taktik 2-7-2 ala Thiago Motta

0
2282
Taktik 2-7-2 ala Tiago Motta

Vivagoal Berita Bola – Eks gelandang internasional Italia, Thiago Motta mengaku memiliki strategi menyerang yang revolusioner untuk dunia sepakbola. Menurutnya, formasi 2-7-2 rancangannya akan sangat offensive dibanding skema 4-3-3.

Motta sendiri memang sedang menapaki karier sebagai pelatih. Ia memutuskan pensiun di akhir musim 2017/18 kemarin. Saat ini, pria berusia 37 tahun itu dipercaya untuk menangani akademi sepakbola Paris Saint-Germain.

Semasa aktif bermain, Motta pernah merasakan dibesut pelatih sekaliber Frank Rijkaard, Javier Aguirre, Jose Mourinho dan Unai Emery. Tapi, dari kesemuanya itu, tak satupun yang membuat Motta tertarik dengan racikan strategi mereka.

Motta memilih menyusun sebuah skema permainan baru yang dianggap lebih seimbang. Dimana skema tersebut mengusung full attacking football.

Saat diwawancara oleh media asal Italia, La Gazzetta dello Sport, Motta mengungkapkan tentang formasi 2-7-2 buatannya. Skema ini menurutnya bisa menjadi sebuah tim sepakbola jadi lebih offensive dengan kontrol permainan lebih besar.

“Sebagai pelatih, saya memiliki ide untuk menerapkan pola menyerang. Bagaimana sebuah tim mengontrol penguasaan bola dengan memberi pressure tinggi dan terus bergerak baik dengan bola atau tanpa bola,” kata Motta.

Skema tersebut memerlukan kestabilan stamina karena Motta ingin melakukan tekanan yang tinggi. Tak hanya itu formasi tersebut mengusung serangan terus menerus.

“Saya ingin setiap pemain yang memegang bola punya dua rekan yang siap membantu dan mereka harus bisa secepatnya membuat keputusan. Saya bisa saja menerapkan formasi 5-3-2 untuk bermain bertahan atau menjadi ultra offensive dengan skema 4-3-3, semuanya tergantung materi pemain,” cerita Motta.

Jika, pada umumnya, penjaga gawang tetap berada di dalam kotak penalti, beda halnya dengan skema 2-7-2 milik Motta. Mantan gelandang Inter Milan ini mengaku akan menjadikan posisi kiper sebagai satu dari 7 gelandang, agar sang penjaga gawang lebih aktif terlibat dalam permainan.

“Kiper termasuk salah satu dari tujuh pemain gelandang. Menurut saya, seorang striker adalah pemain bertahan pertama dengan kiper adalah penyerang pertama,” ujarnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here