Mengenal Lebih Dekat Pahlawan Leeds, Marcelo Bielsa

0
34
Bielsa
Sumber: FIFA.Com

Vivagoal Liga InggrisMarcelo Bielsa menuai banyak pujian usai mengantar Leeds United promosi ke Liga Primer Inggris. Sosoknya dianggap pelatih cerdas yang banyak dihormati. 

Nama-nama sekelas Jose Mourinho hingga Josep Guardiola bahkan tak ragu melayangkan pujian kepada pria satu ini. Lantas sebenarnya apa bukti kehebatan Biesla sebagai juru taktik.

Bielsa pertama kali merasakan gelar juara sebagai pelatih adalah pada tahun 1991 bersama Newell’s Old Boys dengan menjuarai Primera Division Apertura. Gelar keduanya datang di tahun berikutnya, masih bersama Newell’s saat menjuarai Primera Division Clausura in 1992.

Kemudian Bielsa menjuarai Primera Division Clausura sekali lagi di tahun 1998 sebagai pelatih kepala Velez. Kesuksesan ini menuntunnya ke kursi kepelatihan Timnas Argentina.

Dia menuntun Argentina menjuarai CONMEBOL Pre-Olympic tournament tahun 2004 dan meraih medali emas di olimpiade tahun yang sama. Lalu, 16 tahun berselang, Bielsa menuntun Leeds menjuarai Championship 2019/20, sekaligus promosi ke Premier League.

Terlepas dari hal tersebut, Bielsa juga dikenal sebagai pelatih spesialis runner-up. Dia pernah membawa Timnas Argentina mencapai final Copa America 2004, hanya kalah dari Brasil di partai final. Beberapa tahun sebelumnya, dia juga menuntun Newell’s mencapai final Copa Libertadores, dan sayangnya lagi-lagi kalah.

 

Saat menukangi Athletic Bilbao, Bielsa pernah mencapai final Copa del Rey dan Liga Europa, sayangnya kalah dari Barcelona dan Atletico Madrid. Meski menjadi spesialis runner up tapi beragam gelar individu pernah didapatinya. 

Berikut catatan gelar individu Bielsa: 

IFFHS World’s Best National Coach (2001)

South American Coach of the Year (2009)

Championship Manager of the Month (August 2018, November 2019)

FIFA Fair Play Award (2019)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here