Tak Mudah Cetak Gol Penalti di Piala Eropa 2020 - Vivagoal.com
Minimnya Gol dari Titik Putih di Euro 2020: 6 Penalti Cuma 2 Gol
Gareth Bale Gagal Eksekusi Penalti di laga Wales vs Turki, Foto: dok Goal Indonesia

Tak Mudah Cetak Gol Penalti di Piala Eropa 2020

A Hendra - June 18, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Total telah ada enam hadiah penalti yang diberikan wasit kepada beberapa negara kontestan Piala Eropa 2020. Menariknya, dari jumlah tersebut cuma ada dua yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Tim pertama yang mendapatkan hadiah penalti di perhelatan sepakbola empat tahunan ini adalah timnas Denmark pada matchday pertama Grup B melawan Finlandia. Pierre-Emile Hojbjerg, yang dipercaya maju sebagai eksekutor, gagal mengeksekusi karena sepakannya berhasil diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Lukas Hradecky.

Berikutnya ada Portugal yang diberi hadiah penalti. Selecao das Quinas mendapatkan penalti di laga kontra Hungaria pada matchday pertama Grup F, yang sukses dieksekusi Cristiano Ronaldo menjadi gol.

Hadiah sepakan 12 pas selanjutnya didapatkan timnas Wales saat berhadapan dengan Turki di matchday kedua Grup A. Gareth Bale yang ditunjuk menjadi algojo gagal menuntaskan tugasnya dengan baik setelah bola tembakannya melambung tinggi di atas mistar gawang.

Penalti ketiga dan keempat lalu diberikan wasit pada laga Ukraina vs Makedonia Utara di matchday kedua Grup C. Makedonia Utara lebih dulu mendapatkan hadiah penalti yang dieksekusi Ezgjan Alioski tapi bola tembakannya bisa ditepis kiper, meski akhirnya bisa dikonversi menjadi gol usai menyambar bola rebound.


Baca Juga:


Ukraina kemudian juga mendapatkan hadiah penalti. Tapi lagi-lagi penalti itu tak bisa menjadi gol usai sepakan dari Ruslan Malinovsky berhasil ditahan oleh kiper dari Makedonio Utara, Stole Dimitrievski.

Terakhir, hadiah penalti keenam diberikan wasit kepada Belanda di laga melawan Austria. Memphis Depay bisa jadi jadi pemain kedua di Euro 2020 yang sukses mencatatkan namanya di papan skor melalui titik putih selain Ronaldo.

Berdasarkan catatan Squawka, jumlah kegagalan eksekusi penalti pada Euro 2020 kali ini menyamai torehan buruk di Piala Eropa 2016 kemarin. Total dari 12 hadiah penalti yang diberikan wasit, hanya ada 8 yang bersarang ke gawang dengan 4 lainnya gagal.

Sepanjang sejarah Piala Eropa, Josef Vojta dari Cekoslowakia menjadi pemain pertama yang gagal mengeksekusi penalti. Hal itu terjadi saat Josef harus berhadapan dengan kiper legendaris Uni Soviet, Lev Yashin, di semifinal tahun 1960. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com