Ondrej Kudela: Bek Persija Jawara Liga 1 Ceko yang Pernah Jegal Lionel Messi - Vivagoal.com
Ondrej Kudela: Bek Persija Jawara Liga 1 Ceko yang Pernah Jegal Lionel Messi

Ondrej Kudela: Bek Persija Jawara Liga 1 Ceko yang Pernah Jegal Lionel Messi

Arie Lihardo - June 9, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga IndonesiaPersija Jakarta resmi mendatangkan pemain berkebangsaan Republik Ceko, Ondrej Kudela, untuk bertarung di Liga 1 2022/23. Bek berumur 35 tahun ini menjadi pemain asing kedua yang dimiliki Macan Kemayoran setelah hadirnya Makan Konate sejak musim lalu.

Ondrej Kudela menghabiskan lima tahun terakhir bersama Slavia Praha bermain sebanyak 98 kali dan mengemas 14 gol. Ondrej mengoleksi tiga Gelar Liga Gambrinus (Liga 1 Republik Ceko) dan tiga Piala Liga Republik Ceko.

Ondrej Kudela: Bek Persija Jawara Liga 1 Ceko yang Pernah Jegal Lionel Messi

Yang menjadi sorotan, ternyata Kudela juga sempat berhadapan dengan raksasa La Liga, Barcelona di fase grup Liga Champions 2019/20. Bermain sejak menit awal, Kudela bersama Slavia Praha berhasil meredam Lionel Messi dan kawan-kawan tanpa gol.

Itu merupakan musim terakhir Kudela mentas di kompetisi paling bergengsi antar klub Eropa. Selain Barcelona, Kudela juga bersua dengan raksasa Eropa lainnya, Borussia Dortmund dan Inter Milan yang tergabung di Grup F.


Baca Juga:


Nama Ondrej Kudela harum di Liga Ceko. Ia tercatat tiga kali meraih gelar liga, yaitu pada musim 2020/2021, 2019/2020, dan 2018/2019 kala berseragam Slavia Praha.

Dalam rekam kariernya, Kudela nyaris tak pernah keluar dari Republik Ceko. Satu-satunya momen ia meninggalkan Ceko adalah pada 2014 saat dipinjamkan ke Liga Kazakhstan bersama Ordabasy. Jadi, Indonesia merupakan negara ketiganya dalam karier sepak bola Kudela.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Persija Jakarta (@persija)

Tak hanya itu, Kudela juga identik dengan Timnas Ceko. Ia rutin masuk timnas sejak kelompok umur hingga akhirnya menembus timnas senior.

Terakhir, ia ambil bagian adalah dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ia tampil kala Ceko menghadapi Wales, Belgia, dan Estonia.

Selain menjadi pemain reguler dalam empat musim terakhir bersama Slavia Praha, Kudela juga menjadi bek yang produktif. Ia rutin mencetak gol dalam rentang waktu tersebut.

Pada 2018/2019 menorehkan tiga gol, musim berikutnya mencetak dua gol (2019/2020), selanjutnya enam gol (2020/2021), dan tiga gol lagi (2021/2022).

Selalu update berita terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com